Iklan

EPA Persikabo Buka Seleksi di Selayar, Askab PSSI: Jaring Bakat dan Potensi Muda Tanadoang

Rabu, 23 Agustus 2023 | 00:29 WIB Last Updated 2023-08-22T16:55:55Z


MEDIA SELAYAR.
Elite Pro Academy Persatuan Sepak bola Indonesia Kabupaten Bogor (EPA Persikabo) bakal mengadakan seleksi untuk menjaring bibit sepakbola U-16 dan U-18 tahun di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Seleksi tersebut akan berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 28 - 29 Agustus 2023 di Lapangan Pemuda Benteng. 

Demikian disampaikan Plt. Sekretaris Umum Askab PSSI Kepulauan Selayar, Muhammad Asri, kepada mediaselayar.com, pada Selasa (22/8/2023) malam. 

Asri mengatakan EPA Persikabo hanya mengadakan seleksi di 2 (dua) kabupaten/kota di Wilayah Sulawesi Selatan, yakni Kota Makassar dan Kepulauan Selayar. 

"Selama ini jika ada adik-adik kita yang akan mengikuti seleksi sepakbola harus ke Makassar. Tapi kali ini justru kita yang didatangi. Karenanya, kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh para atlet sepakbola atau Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kepulauan Selayar untuk mengikutkan siswanya dalam seleksi," ucap Asri. 

Lanjut, kuota pendaftaran yang dibuka untuk di Kepulauan Selayar hanya 50 peserta seleksi. Saat ini sudah ada sekitar 30an yang sudah mendaftar, termasuk dari pulau. Sementara, peserta dari luar Kepulauan Selayar mendaftar lansung di link panitia seleksi managemen EPA Persikabo. 

Untuk mencukupi 50 kuota peserta seleksi asal Kepulauan Selayar, kita masih menunggu sampai Minggu, 27 Agustus 2023 pagi untuk melakukan pendaftaran. Biaya pendaftaran seleksi sebesar 300 ribu rupiah, dan sudah mendapat jersey milik Persikabo," jelas Asri. 

Asri menambahkan, untuk tanggal 28 Agustus diadakan seleksi berkas dan besoknya tanggal 29 Agustus, pelaksanakan seleksi oleh Tim EPA Persikabo. 

Saat ini, Klub peserta Liga 1 berkewajiban memiliki tim kelompok umur di berbagai level. Untuk itu, Klub Liga 1 berlomba-lomba membuka seleksi di daerah-daerah di Indonesia.

Terpilihnya Kepulauan Selayar menjadi salah satu lokasi seleksi EPA Persikabo di Sulawesi Selatan bukanlah tanpa alasan. Menurut Asri, hal tersebut bermula saat pihaknya pada bulan Februari 2023 lalu, membawa atlet sepakbola U-12, U-15 dan U-17 ke Makassar mengikuti uji coba persiapan Piala Suratin. 

Para atlet sepakbola U-12, U-15 dan U-17 Kepulauan Selayar yang melakukan uji coba saat itu, disaksikan langsung oleh Coach Usman Halik, Kepala Sekolah SSB Telkom Makassar yang saat ini telah menjabat sebagai Direktur Tekhnik EPA Persikabo. 

Saat itu, kata Asri yang juga Sekcam Bontomanai ini, Coach Usman Halik yang akrab disapa Atto' menyaksikan dan melihat langsung bakat-bakat muda asal Kepulauan Selayar. 

"Coach Usman telah melihat potensi muda dari Selayar, dan bahkan menilai talenta-talenta muda Selayar, khususnya yang berasal dari kepulauan itu memiliki kelebihan tersendiri dari peserta yang berasal dari daerah lainnya di Sulsel," ungkapnya. 

Karenanya, Coach Usman melalui EPA Persikabo, menempatkan seleksi ini di Selayar untuk memberikan wadah, membuka kesempatan, dan menjaring potensi-potensi muda dari Kepulauan Selayar sehingga kedepannya bisa menjadi pemain sepakbola profesional. Mudah-mudahan, kata Asri, ada potensi muda Selayar yang terjaring dalam seleksi nantinya. 

Terhadap peserta yang rata-rata pelajar, karena seleksi dilaksanakan bukan pada hari libur, kami dari Askab PSSI Kepulauan Selayar akan bermohon ke Disdikpora untuk menyurati masing-masing Kepala Sekolah untuk dimintakan permohonan izinnya. Semoga pihak Disdikpora memberikan dukungan, tutup Muhammad Asri. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • EPA Persikabo Buka Seleksi di Selayar, Askab PSSI: Jaring Bakat dan Potensi Muda Tanadoang

Trending Now

Iklan