Iklan

Mengenal Lebih Dalam Tentang Pulau Selayar

Media Selayar
Sabtu, 11 Februari 2023 | 13:43 WIB Last Updated 2023-02-11T12:12:41Z

selayar
(net)

MEDIA SELAYAR
- Nama Selayar berasal dari kata cedaya (Bahasa Sanskerta) yang artinya satu layar, dikaitkan dengan sejarah yang konon pada jaman tersebut, banyak perahu satu layar yang singgah di pulau ini. Seperti dikutip dari halaman resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Kata Cedaya tercatat telah diabadikan namanya dalam Kitab Negarakertagama karangan Empu Prapanca pada abad 14. Ditulis bahwa pada pertengahan abad 14, ketika Majapahit dipimpin oleh Hayam Wuruk yang bergelar Rajasanegara, Selayar digolongkan dalam Nusantara, yaitu pulau-pulau lain di luar Jawa yang berada di bawah kekuasaan Majapahit. Ini berarti bahwa armada Gajah Mada atau Laksamana Nala pernah singgah di pulau ini.

Kabupaten Kepulauan Selayar (dahulu Kabupaten Selayar, perubahan nama berdasarkan PP. No. 59 Tahun 2008) adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Hari Jadi Selayar ditetapkan pada 29 Nopember 1605, dan pada tahun 2023 ini telah berusia 418 tahun.

Penduduk Pulau Selayar, mayoritas merupakan suku Bugis Makassar meskipun bahasa sehari-hari mereka bukanlah bahasa Makassar melainkan bahasa Selayar dengan beberapa kata yang memiliki perbedaan dengan bahasa Makassar.

Kabupaten Kepulauan Selayar terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi dan seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi. Wilayah ini terdiri dari gugusan 131 buah pulau yang membentuk wilayah Kepulauan Selayar dan berpusat di kota Benteng.

Tahun 2023 ini Kabupaten Kepulauan Selayar terdiri dari 11 Kecamatan yakni, Kecamatan Bontomatene, Kecamatan Buki, Kecamatan Bontomanai, Kecamatan Benteng, Kecamatan Bontoharu, Kecamatan Bontosikuyu, Kecamatan Pasimasunggu, Kecamatan Pasimasunggu Timur, Kecamatan Takabonerate, Kecamatan Pasimarannu dan Kecamatan Pasilambena. 

Berdasarkan data yang diterima Pewarta, luas wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar 1.357,03 km dengan jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 150 ribu jiwa, tersebar di seluruh kecamatan, baik di kecamatan daratan maupun di wilayah kepulauan. 

Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki kekayaan alam di darat dan di laut. Didarat dengan beraneka macam komuditi diantaranya kelapa, vanili dan cengkeh dan buah jeruk manis. Sementara di laut juga memiliki berbagai macam kekayaan laut termasuk hasil laut dan keindahan bawah laut yang indah. 

Bukan saja kekayaan alam dan daratnya, Kabupaten Kepulauan Selayar juga dikenal memiliki penganan dan aneka kuliner termasuk kue-kue khas pulau Selayar diantaranya Kue Sengkang. Kue Sengkang merupakan kue dengan isian kacang kenari dan berbentuk seperti candi borobudur, kue sengkang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Kue Te're, Kalakere, Haje Banneh, Tenteng Kenari.

Selengkapnya buka di link berikut ini : TENTANG SELAYAR 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengenal Lebih Dalam Tentang Pulau Selayar

Trending Now

Iklan