Iklan

Kapolsek Pasimarannu Pimpin Penanaman Mangrove di Pulau Bonerate

Rabu, 23 Agustus 2023 | 12:30 WIB Last Updated 2023-08-23T04:38:39Z


MEDIA SELAYAR.
Kapolsek Pasimarannu, Iptu. Abdul Malik memimpin langsung anggotanya melakukan kegiatan penanaman pohon Mangrove di Pantai Burungo, Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Rabu (23/8/2023) pagi

Kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan salah satu program Polri untuk melestarikan Negeri dengan melakukan Penghijauan Sejak Dini untuk menghadapi perubahan iklim yang terjadi saat ini. 

Kepada Pewarta di Bonerate, Kapolsek Pasimarannu, Iptu Abdul Malik, mengatakan dengan penanaman pohon mangrove ini, diharapkan suhu yang terjadi di Pulau Bonerate tetap sesuai dengan kondisi masyarakat. 

"Pohon yang di tanam adalah bibit pohon bakau bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi di pinggir pantai Burungo Desa Majapahit Kecamatan Pasimarannu," kata Iptu Abdul Malik. 

Diketahui, tanaman mangrove memiliki manfaat bagi keberlanjutan lingkungan dan menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi akibat gelombang dan arus ombak serta pasang surut. 

Dikatakan Kapolsek Pasimarannu, topografi wilayah pesisir Burungo yang sebagian berbatasan langsung dengan garis pantai yang cukup panjang. Hal inilah kemudian yang menjadi alasan pesisir pantai Burongo menjadi lokasi lokasi Penanaman mangrove.

Kapolsek Pasimarannu menekankan agar proses pelestarian tidak dilakukan hanya sebatas awal fase penanaman semata, tetapi dilanjutkan dengan perawatan demi hasil yang maksimal.

"Yang paling penting setelah ditanam dilakukan perawatan, dipantau, dan dirawat, sehingga betul-betul semuanya hidup, jangan hidupnya waktu panas ditanam tapi kemudian mati setelah ditinggal, semuanya harus dirawat dan dipelihara," ujar Kapolsek Pasimarannu. 

Penamaan pohon mangrove ini akan dilakukan secara bertahap. Setelah bibit yang ada mulai berakar, kami lakukan penanaman lagi, tutup Kapolsek Pasimarannu, Iptu Abdul Malik. (Tim/AR). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolsek Pasimarannu Pimpin Penanaman Mangrove di Pulau Bonerate

Trending Now

Iklan