Iklan

Sebanyak Rp 57,6 Juta BLT DD 2023 Telah Tersalur di Desa Buki Timur, Ini Kata Kades Nur Kamar

Selasa, 25 Juli 2023 | 16:23 WIB Last Updated 2023-07-27T00:55:05Z

Desa

MEDIA SELAYAR.
Sebanyak Rp57.600.000,00 anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2023 telah disalurkan oleh Pemerintah Desa Buki Timur, Kecamatan Buki, Kabupaten Kepulauan Selayar kepada 32 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Jumlah tersebut dipastikan setelah Pemerintah Desa Buki Timur kembali menyalurkan BLT Dana Desa Triwulan II Bulan April - Juni, bertempat di Aula Kantor Desa Buki Timur, pada Selasa (25/7/2023). 

Pantauan Pewarta, hadir dalam penyaluran BLT tersebut Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Buki Faisal, Kepala Desa Buki Timur Nur Kamar, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tim Pendamping Desa, Ketua dan Anggota BPD, Perangkat Desa serta para KPM BLT DD Buki Timur. 

Kepala Seksi Ekbang Kecamatan Buki Faisal dalam sambutannya mengatakan bahwa BLT Dana Desa ini merupakan upaya Pemerintah Pusat yang ingin melihat masyarakat di desa sejahtera. Dengan bantuan itu, pemerintah dapat meringankan kebutuhan keluarga. 

"Sekalipun terbatas karena hanya tiga ratu ribu per bulan, tapi itulah upaya dan langkah pemerintah yang diperuntukkan bagi bapak ibu yang tidak bisa lagi bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari", ucap Faisal. 

Sebagai timbal baliknya, kata Kasi Ekbang Faisal, masyarakat juga harus membantu pemerintah desa dalam menjalankan program-programnya. Upaya yang paling sederhana yang bisa dilakukan masyarakat yakni menjaga kebersihan lingkungan sekitar, sehingga tercipta desa yang bersih dan nyaman. 

"Apalagi Desa Buki Timur dipercaya untuk mewakili Kecamatan Buki mengikuti Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar. Tentu ini membutuhkan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi," jelas Kasi Ekbang Faisal. 

Sementara itu, Kepala Desa Buki Timur Nur Kamar dalam sambutannya mengatakan bahwa para KPM harus bersyukur dengan adanya kebijakan pemerintah dalam bentuk BLT Dana Desa. Dimana dengan BLT tersebut masyarakat Desa mendapat sumber pendapatan tambahan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. 

"Dari kurang lebih delapan ratus warga Desa Buki Timur, penerima BLT Dana Desa di tahun 2023 ini hanya sebanyak 32 KPM. Karenanya, hal itu patut disyukuri karena hari ini kita bisa salurkan", kata Nur Kamar. 

Selanjutnya, Nur Kamar menghimbau para KPM agar BLT Dana Desa yang diterimanya tersebut dimanfaatkan atau dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak, seperti kebutuhan sehari-hari keluarga. "Jangan sampai lebih mendahulukan kebutuhan kemewahan", pinta Nur Kamar. 

Kendati saat ini masyarakat Desa Buki Timur memiliki tambahan penghasilan di sektor perkebunan seperti vanili, cengkeh dan pala, akan tetapi hal tersebut jangan membuat masyarakat lupa diri dengan menghambur-hamburkan uangnya pada hal-hal yang notabene bukanlah suatu kebutuhan, melainkan hanya kemauan. 

"Saat ini, kita di Desa Buki Timur lagi musim panen cengkeh. Alhamdulillah saya melihat rata-rata masyarakat memiliki cengkeh. Hal ini merupakan sebuah nikmat yang luar biasa dari Allah bagi masyarakat. Ini Perlu kita syukuri", ucap Nur Kamar. 

Ada masyarakat yang tidak memiliki cengkeh, tetapi mereka mendapat penghasilan dari usaha mereka memetik dan menggagang cengkeh. 

Untuk itu, Kades Nur Kamar, berharap agar masyarakat berhemat dan penghasilannya ditabung, untuk mengantisipasi jangan sampai dikemudian hari ada kebutuhan yang lebih mendesak. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sebanyak Rp 57,6 Juta BLT DD 2023 Telah Tersalur di Desa Buki Timur, Ini Kata Kades Nur Kamar

Trending Now

Iklan