Kapal Feri Bobot 500 GT Untuk Kabupaten Kepulauan Selayar Mulai Dibangun

Header Menu

MEDIASELAYAR.COM | MEDIANYA ORANG SELAYAR
Cari Berita

Kapal Feri Bobot 500 GT Untuk Kabupaten Kepulauan Selayar Mulai Dibangun

Media Selayar
Sabtu, 05 Oktober 2019


MEDIA SELAYAR. Masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar dalam waktu yang tidak lama lagi, akan menikmati pelayaran kapal feri baru, dengan bobot 500 GT, hal ini diketahui setelah Pewarta, mendapatkan bocoran informasi perihal undangan dari PT IKI terkait pelaksanaan, Keel Laying Terpadu PT IKI atas dimulainya pembuatan kapal feri pada akhir pekan ini. Artinya, kapal feri tersebut sudah mulai dibangun.

Keel Laying Terpadu kapal feri 500GT untuk Kabupaten Kepulauan Selayar dilaksanakan di
areal plater shop unit produksi, jalan Galangan kapal Makassar. Hal ini disampaikan melalui undangan yang ditanda tangani oleh Direktur Utama PT IKI, Edy Widarto tertanggal (1/10).

Keel Laying adalah peletakan lunas yang merupakan awal dari konstruksi kapal, yang biasanya diupacarakan karena merupakan hari kelahiran kapal, diawali dengan pembuatan rangka lunas kapal. Untuk kapal besi pelaksanaan peletakan lunas kapal ditandai dengan pengelasan pertama.

Umur kapal dihitung sejak tanggal peletakan lunas (keel laying) yang dilakukan di galangan kapal (shipyard).

Pembangunan kapal ini mulai dikerjakan oleh PT IKI secara bersamaan dengan dua kapal lainnya, yakni, Kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro 500GT untuk Kabupaten Kepulauan Selayar, Kapal penyeberangan Penumpang Ro-Ro 200 GT untuk danau Towuti dan Kapal Ro-Ro 200 GT untuk danau Matano.

Pembangunan kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro 500 GT untuk Kabupaten Selayar seharga 35 M ini, merupakan bantuan pemerintah pusat yang diperjuangkan sebelumnya oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, yang dipimpin oleh Bupati, H.M Basli Ali.

Mudah-mudahan pembangunannya lebih cepat dari jadwal, agar masyarakat Selayar lebih cepat bisa menikmatinya.  

"Dikonfirmasi melalui chanel wa pribadinya, Bupati H.M Basli Ali menjawab singkat, "Ini kabar baik, semoga pengerjaannya lebih cepat agar masyarakat Selayar dapat segera menikmatinya. "  (Lo2)