MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Jejak Peradaban Kampung Tua Bitombang, Titik Nol Lokasi TMMD Ke 111 Kep. Selayar
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar

    Jejak Peradaban Kampung Tua Bitombang, Titik Nol Lokasi TMMD Ke 111 Kep. Selayar

    Selasa, 06 Juli 2021, 00:47 WIB Last Updated 2021-07-05T18:07:57Z


    MEDIA SELAYAR. Titik nol lokasi pembukaan jalan TMMD Ke 111 Kodim 1415 Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan merupakan sebuah pemukiman tua diatas bukit, bernama Kampung Tua Bitombang. 


    Kampung Tua Bitombang adalah salah satu obyek wisata budaya yang memiliki keunikan pada rumah warga. Dimana kampung bersejarah di Kepulauan Selayar ini berada di pedalaman Pulau Selayar, tepatnya diwilayah kelurahan Bontobangung, Kecamatan Bontoharu.


    Titik Nol jalan yang dibuka oleh Satgas TMMD Ke 111 Kepulauan Selayar berada pas diujung timur Kampung Tua Bitombang. 


    Kampung Bitombang dikenal dengan bangunan rumah tua warga yang berdiri di atas tiang-tiang kayu setinggi belasan meter, mengikuti bentuk topografi tanah yang memang bertebing dan curam. 


    Konstruksi rumah tua warga inilah yang kemudian menjadi sebuah keunikan bersejarah dan diminati oleh wisatawan. Dan rasanya tidak mungkin rumah dapat berdiri hanya dengan tiang-tiang yang ditumpangkan di tanah.


    Rumah-rumah ini tahan sampai kurang lebih 90 tahun, dan konon tinggi rumah tersebut berhubungan dengan umur penghuninya. Pemandangan yang bisa dilihat dari rumah sungguh sangat indah. Ditambah warganya yang ramah dan sejumlah keunikan lainnya dari Kampung Tua Bitombang.


    Andi Nur Hamzah, salah seorang warga Selayar, Senin (5/7) menceritakan bahwa dari titik Nol kampung Tua Bitombang, Satgas TMMD Ke 111 Kepulauan Selayar membuka jalan dengan menembus hutan dan mengikis bukit untuk sebuah jalan membuka keterisoliran warga kampung Tola Lura Gantarang, selama puluhan tahun.


    Ia juga menceritakan kalau sebelumnya nama kampung Tola pernah viral setelah seorang warganya harus ditandu menggunakan sarung dan dipikul bersama berjalan berjam-jam ke jalan terdekat di Kampung Tua Bitombang. 


    Saat ini setelah jalan telah dibuka oleh Satgas TMMD Ke 111, kampung Tua Bitombang dan Kampung Tola sudah mendapat kunjungan orang luar. Mereka penasaran dengan keindahan dan sumber daya alam kedua kampung dipesisir timur pulau Selayar ini. (TMC).

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru