Selayar
Home » , » Dinas PMD Selayar, Sosialisasikan Penyusunan APBDesa TA 2018

Dinas PMD Selayar, Sosialisasikan Penyusunan APBDesa TA 2018

Penulis Media Selayar on Rabu, 20 September 2017 16.27.00

Dinas PMD Selayar, Sosialisasikan, Penyusunan ,APBDesa 2018

MEDIA SELAYAR. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kepulauan Selayar dalam sepekan terakhir ini gencar melaksanakan sosialisasi, tentang tata cara penyusunan APBDesa TA 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan 2 tahap. Tahap pertama dengan sasaran sosialisasi pada para Kepala Desa yang ada diwilayah Kecamatan daratan dan tahap ke II pada desa yang ada diwilayah kecamatan kepulauan.

Dinas PMD Selayar, Sosialisasikan, Penyusunan, APBDesa, 2018
Kades Parak, Zainal Yasni
Sosialisasi untuk tahap pertama telah dilaksanakan dalam sepekan terakhir ini. Yakni kepada para Kepala Desa dan BPD di 5 kecamatan daratan. Yakni desa di Kecamatan Bontosikuyu, Ke.Bontoharu, Kecamatan Bontomanai, Kec. Buki dan Kecamatan Bontomatene.

Pelaksanaan sosialisasi penyusunan APBDesa untuk tahun 2018 ini dikawal  langsung oleh Kepala Dinas PMD, Andi Azwar SH.MH dan Kabid PMD, Irwan Baso S.STP bersama staf PMD yang terkait.

Dinas PMD Selayar, Sosialisasikan, Penyusunan ,APBDesa, 2018
Para Kades Se-Kecamatan Bontomatene, Bontomanai, Buki
Dalam setiap pertemuan dengan Kepala Desa dan BPD serta perangkat desa disemua kecamatan daratan, Andi Azwar SH.MH menekankan bahwa sukses pembangunan desa tak lepas dari keberhasilan pelaksanaan perencanaan dan pengelolaan administrasi keuangan desa.

Dinas PMD Selayar, Sosialisasikan, Penyusunan, APBDesa 2018
Andi Azwar SH.MH. Kadis PMD Kab. Kep. Selayar
Kepala Desa diharapkan memperhatikan pengelolaan administrasi desa. Karena kunci keberhasikan pengelolaan keuangan desa adalah merupakan barometer keberhasilan seorang kepala desa dalam membangun desanya, tegas Andi Azwar.

Salah satu syarat pencairan dana desa tahap kedua harus memenuhi target 70 persen realisasi pekerjaaan. Mengingat pencairan dana desa telah menggunakan aplikasi pelaporan keuangan secara terpusat. Jelas Andi Azwar

Lebih lanjut Andi Azwar menjelaskan bahwa perencanaan APBDesa wajib memperhatikan visi dan misi Pemerintah Kabupaten. Misalnya dalam hal pendataan masyarakat miskin di desa. Harus dicrosschek dengan data yang ada di Dinas Sosial dengan mengacu pada indikator penentuan warga miskin.

Belanja pemberdayaan yang ada di desa harus sesuai acuan persentase pengalokasian dana desa. Karena menurut Kadis PMD bahwa didesa masih banyak masyarakat yang sangat perlu diberdayakan. Dengan ketentuan tidak tumpang tindih dengan pemberdayaan masyarakat di tingkat Kabupaten.

Kepada Ketua BPD agar lebih aktif dalam membangun desa. Dan meminta kepada BPD agar jangan melakukan pekerjaaan yang berkaitan dengan dana desa karena hal itu dilarang oleh ketentuan. Jangan ada BPD yang kerja proyek desa, bahaya Pak, bisa melanggar aturan karena ada larangan untuk itu, tegas Andi Azwar.

Ia juga meminta kepada para Camat untuk selektif mengeluarkan rekomendasi pemberian bantuan bila ada warga yang meminta atau memohon bantuan pemberdayaan. Hal ini untuk menghindari adanya tumpang tindih dengan pemberian masyarakat di tingkat Kabupaten.

Dinas PMD Selayar, Sosialisasikan, Penyusunan APBDesa 2018
Kabid PMD. Irwan Baso S.STP
Sementara itu, Kepala Bidang PMD, Irwan Baso S.STP dalam Sosialisasi penyusunan APBDesa TA 2018 ini menekankan, agar para Kepala Desa memperhatikan pelaporan pertanggungjawaban dana desa. Ia juga menekankan agar dalam perencanaan, menfungsikan para TPK.

Lebih lanjut Irwan Baso meminta kepada para Kepala Desa dan BPD serta perangkat desa agar meperhatikan sosialisasi ini secara serius agar dalam penyusunan APBdesa bisa dipahami dan dilakukan dengan baik. Dimana pelaksanaan pengawasan pada tahun 2017 ini dan 2018 yang akan datang akan berbeda dan berpesan pada para kepala desa agar memutahirkan profil desa masing-masing.

Dinas PMD Selayar, Sosialisasikan, Penyusunan ,APBDesa 2018
Camat Buki, Ince Rahman Buka Resmi Sosialisasi
Sosialisasi penyusunan APBDesa untuk para kepala Desa di Kecamatan Buki, Bontomanai dan Kecamatan Bontomatene,dipusatkan di Kantor Camat Buki pada hari Selasa 19 September 2017 kemarin. Kegiatan ini dibuka oleh Camat Buki, Ince Rahman S.Sos. (Lo2)


BACA JUGAHj. Sitti Nurhayati Ali "Bidan Tati' " Dimakamkan di TPU Bontopanappasa

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar