Iklan

Wabup Selayar Jadi Narsum di Konferensi Internasional Jaringan Cagar Biosfer Asia Tenggara

Kamis, 02 Mei 2024 | 11:44 WIB Last Updated 2024-05-02T03:44:10Z


MEDIA SELAYAR.
Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif mendapat kehormatan menjadi salah satu narasumber pada Konferensi Internasional The 15th Southeast Asian Biosphere Reserve Network (SeaBRnet) di Resort Patuno, Kecamatan Wangi - Wangi, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Konferensi tersebut dihadiri para delegasi dari Australia dan Jepang, serta beberapa Negara se- Asia Tenggara, antara lain Timur Leste, Thailand, Kamboja, Vietnam, Philipina dan Malaysia. 

Kepada Pewarta, Kamis (2/5/2024) pagi, Wabup Saiful Arif mengatakan dalam kegiatan tersebut, pihakya didampingi Plt Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonetate, Raduan dan pihak Bappelitbangda Kepulauan Selayar, Nasaruddin. 

Wabup Saiful Arif memaparkan materi Pengelolaan Cagar Biosfer Taka Bonerate - Kepulauan Selayar. Ia berharap kiranya insiatif lokal dan kreatifitas dalam mengelola Cagar Biosfer di Selayar.

"Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Unesco sebagai penanggung jawab Program untuk dijadikan sebagai kebijakan dan program di tingkat lokal, regional, dan Nasional. Bahkan mungkin dalam skala internasional," ucap Saiful Arif. 

Wabup Selayar Saiful Arif mendapat perhatian khusus dari panitia dan peserta dan tiga kali mendapat aplause, selama 12 menit pemaparan, yakni saat menginfokan, Tinabo menjadi tempat bermainnya wisman dan wisnu dengan bayi hiu (baby shark), wacana one day no fishing (sehari tanpa menangkap ikan) yang terus didorong agar kearifan lokal ini, menjadi regulasi di tingkat desa, dan saat menyampaikan undangan untuk menghadiri Festival Taka Bonerate yang direncanakan tanggal 9 Oktober mendatang. 

Lebih lanjut, disampaikan, dalam kurun waktu beberapa bulan ini ada dua kapal yang sempat berkunjung ke pulau Tinabo yang memuat sekira 88 wisatawan mancanegara, dari Australia 81 orang, New Zaelan 3, United of Kingdom 2, serta United States dan NedherLands masing masing 1 orang. 

"Ini pertanda bahwa Taka Bonerate sebagai Cagar Biosfer Kepulauan Selayar makin diminati oleh wisatawan lokal dan juga oleh wisatawan mancanegara (wisman). Karena itu, Ayo ke Selayar," ajak Saiful Arif disambut apluse oleh panitia dan peserta.

Wabup Saiful Arif menjelaskan Konfrensi tingkat Regional ini merupakan tindak lanjut konfrensi tingkat Nasional di Makassar, sekaligus persiapan konfrensi tingkat Dunia yang direncanakan di China awal tahun depan. Diselenggarakan Unesco Jakarta, berlangsung dua hari, Selasa - Rabu (30 April sd 1 Mei) 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan politik Provinsi Sulawesi Tenggara Laode Fasikin dan ditutup Bupati Wakatobi H. Haliana, S.E dan diikuti Komite Nasional MAB di Asia Tenggara, Stakeholders Utama MAB, perwakilan Kementrian terkait, Akademisi, NGO, serta beberapa Kepala UPT Kementrian LHK, Perwakilan Pemerintah Daerah, Pengelola Cagar Biosfer di masing-masing daerah. (R). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabup Selayar Jadi Narsum di Konferensi Internasional Jaringan Cagar Biosfer Asia Tenggara

Trending Now

Iklan