Iklan

Sekda Selayar Lepas 118 JCH ke Makassar, Kakan Kemenag: Terbang ke Madinah 13 Mei 2024

Sabtu, 11 Mei 2024 | 12:33 WIB Last Updated 2024-05-11T04:33:50Z


MEDIA SELAYAR.
Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Mesdiyono, M.Ec.Dev melepas Jemaah Calon Haji (JCH) Selayar menuju Asrama Haji Sudiang Makassar, di Mesjid Agung Al-Umaraini Benteng, usai sholat Subuh berjamaah, Sabtu (11/5/2024) sekira pukul 05.00 Wita. 

Pelepasan JCH ini ditandai dengan penyerahan bendera kabupaten dari Sekda Selayar kepada Ketua rombongan Ir. M. Yunan Krg. Tompobulu, ST.,MT.,IPM.

Diketahui jumlah JCH Selayar pada musim haji 1445 H/2024 M yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekah sebanyak 118 orang, yang akan bergabung dengan JCH dari Kabupaten Sidrap dan Kota Makassar pada kelompok terbang (kloter) 2. 

Mewakili Bupati, Sekda Selayar Mesdiyono dalam sambutan pelepasannya menyampaikan bahwa melaksanakan ibadah haji tidak seperti melaksanakan rukun Islam yang lain, pasalnya selain membutuhkan biaya yang besar berupa Ongkos Naik Haji (ONH), juga dibutuhkan kondisi fisik yang sehat dan kuat.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sekda Mesdiyono menitip lima pesan kepada ketua rombongan dan ketua regu serta para calon haji lainnya. Sekda berpesan agar senantiasa menjaga kekompakan dan kerja sama yang baik kantar sesama jemaah, demikian halnya dengan petugas haji dan pembimbing ibadah.

Pesan kedua kata Mesdiyono agar senantiasa menjaga kesehatan terutama menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji (wukuf) di Padang Arafah. Selanjutnya agar mengutamakan ibadah wajib dari pada sunnah serta menghindari perkataan dan perbuatan sia-sia. Dirinya juga meminta agar saling membantu dengan yang lain, terutama kepada jemaah lanjut usia atau sakit. Pesan kelima lanjutnya, agar mematuhi aturan baik yang diatur oleh pemerintah Indonesia maupun pemerintah Kerajaan Arab Saudi serta menjaga nama baik daerah.

“Selamat menunaikan ibadah haji, semoga kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat dengan penyandang predikat haji mabrur,” tutup Mesdiyono.

Sedangkan kepala Kakankemenag Selayar Dr. H. Aswar Badulu, S.Ag., M.Si dalam laporannya menyampaikan JCH Selayar yang berjumlah 118 orang ini akan diterima oleh Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar pada pukul 20.00 Wita. Dari jumlah ini terdiri dari kuota 108 orang, ditambah usia lansia satu orang, cadangan delapan orang dan ditambah lagi dengan kuota satu orang.

Selanjutnya JCH akan terbang pada kloter 2 bergabung dengan Jemaah dari Kabupaten Sidrap sebanyak 271 orang dan Kota Makassar sebanyak 53 orang dan petugas serta tenaga pendamping daerah sehingga total JCH satu kloter sebanyak 450 orang.

“Keesokan harinya JCH akan terbang ke Madinah pukul 00.59 Wita dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar”, ucap Aswar Badulu.

Kakankemenag Selayar juga menyampaikan bahwa daftar tunggu Jemaah Calon Haji Selayar saat ini berjumlah 2.777 orang, dengan kata lain lama daftar antrian JCH Selayar adalah 27 tahun kuota normal. (Tim Humas)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekda Selayar Lepas 118 JCH ke Makassar, Kakan Kemenag: Terbang ke Madinah 13 Mei 2024

Trending Now

Iklan