Iklan

Hari ke-6 Tenggelamnya KM. Yuiee Jaya II, KN SAR Kamajaya 104 Baru Dikerahkan Menuju Selayar

Kamis, 14 Maret 2024 | 16:40 WIB Last Updated 2024-03-14T08:41:34Z


MEDIA SELAYAR.
Hari ke-6 tenggelamnya KM. Yuiee Jaya II, Basarnas Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) mengerahkan Kapal KN SAR Kamajaya 104 menuju perairan laut Kepulauan Selayar untuk membantu pencarian terhadap 21 korban yang hingga saat ini belum diketahui nasibnya. 

Dalam misi pencarian tersebut, Basarnas Makassar menurunkan 49 personel yang terdiri dari ABK Kapal dan Tim Rescue.

"Ada sekitar 49 orang tim dari Basarnas terdiri dari ABK Kapal dan Tim Rescuer dan dipimpin langsung oleh Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Makasar yang kami terjunkan langsung melakukan pencarian," kata Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel kepada awak media, Kamis (14/3/2024).

KN SAR Kamajaya sendiri dilengkapi dengan 2 Rigid Inflatable Boat (RIB). Kapal kecil tersebut akan digunakan melakukan pencarian di sekitar lokasi area sesuai dengan sebaran aplikasi SARMap milik Basarnas.

"Jadi nanti tim tambahan akan memulai pencarian besok pagi dengan area pencarian di sebelah timur pulau Selayar menggunakan RIB KN SAR Kamajaya 104 dengan fokus mengikuti prediksi sebaran aplikasi SARMap," jelas Mexianus.

Diberitakan sebelumnya, KM. Yuiee Jaya II GT. 98 milik Perusahaan PT. Starindo Jaya Sukses tersebut berangkat dari Pelabuhan Muara Baru Jakarta Utara menuju perairan Papua Barat, pada hari minggu tanggal 03 Maret 2024 sekitar pukul 16.00 WIB. 

Kemudian, kapal tersebut tenggelam pada tanggal 09 Maret 2024 sekitar jam 03.00 WITA, akibat cuaca buruk saat melintasi di perairan Kepulauan Selayar antara Pulau Jampea dan Pulau Kayuadi. 

Sementara, hingga hari ini, Kamis (14/3/2024) total korban kapal tenggelam KM. Yuiee Jaya II yang ditemukan sudah berjumlah 14 orang, dimana 12 orang ditemukan di wilayah Kecamatan Taka Bonerate dan 2 orang ditemukan di Pulau Jampea, dimana 1 orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan telah dikuburkan di pemakaman setempat. 

Dari 12 orang yang ditemukan di wilayah perairan laut Kecamatan Taka Boneratete, 11 orang ditemukan selamat, 9 orang diantaranya diantaranya menjalani perawatan di Puskesmas Pasitallu Desa Kayuadi, 1 orang lainnya dirawat disalah satu rumah warga di pulau Rajuni, dan 1 orang dirawat dirumah pemerintah desa di Pulau Jinato. 

Sementara, 1 orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan telah dikuburkan dimakamkan di Dusun Bonelambere, Desa Nyiur Indah, Kecamatan Taka Bonerate. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari ke-6 Tenggelamnya KM. Yuiee Jaya II, KN SAR Kamajaya 104 Baru Dikerahkan Menuju Selayar

Trending Now

Iklan