Iklan

Jelang Masa Tenang, Bawaslu Selayar Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 20:28 WIB Last Updated 2024-02-10T12:28:50Z


MEDIA SELAYAR.
 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, bertempat di Taman Pelangi Benteng, Sabtu (10/2/2024) sore.

Kegiatan ini dilaksanakan menjelang memasuki masa tenang Pemilu 2024 dan dalam rangka memaksimalkan pengawasan Bawaslu Kepulauan Selayar dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, Anggota DPD, Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten. 

Upacara ini dihadiri Sekretaris Daerah Kepulauan Selayar Drs. Mesdiyono, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Selayar Andi Dewantara, Kajari Kepulauan Selayar, Hendra Syarbaini, Kapolres Selayar AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, Dandim 1415 Selayar Letkol. Inf. Nanang Agung Wibowo, Kepala Kesbangpol, Personil Satpol PP, Para Panwascam se Kabupaten Kepulauan Selayar, Kemenag Selayar, para kader Partai dan elemen masyarakat Selayar.

Dalam Apel siaga pengawasan di masa tenang ini, Ketua Bawaslu Nurul Badriyah bertindak sebagai pembina upacara, dan Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Buki, Muhlis selaku pemimpin upacara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar, Nurul Badriyah dalam sambutannya mengatakan tidak terasa empat hari lagi kita akan merayakan puncak pesta demokrasi, tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024.

Nurul Badriyah menyampaikan bahwa pengawasan tahapan demi tahapan telah dilaksanakan. Mulai dari pemuktahiran data pemilih, pendaftaran, verifikasi dan penetapan peserta pemilu, penetapan jumlah kursi dapil, pencalonan dan masa kampanye.

"Hari ini hari terakhir masa kampanye disusul besok masa tenang selama tiga hari, mulai tanggal 11 hingga 13 Februari ke depan," ujar Nurul Badriyah. 

Lanjut, Nurul Badriyah mengatakan bahwa Bawaslu dalam melakukan pengawasan telah melakukan identifikasi dan mitigasi terhadap potensi-potensi kerawanan di seluruh tahapan pemilu dengan melakukan langkah-langkah pencegahan, saran perbaikan hingga ke penindakan terhadap pelanggaran pemilu yang terjadi, baik itu pelanggaran administrative, maupun pelanggaran kode etik, pelanggaran pidana terhadap peraturan perundang undangan lainnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu menyampaikan bahwa pelaksanaan Apel Siaga Pengawasan ini adalah moment yang sangat berharga karena didampingi oleh seluruh stakeholder.

"Hari ini merupakan dimana tanggal terakhir semua melakukan aktivitas kampanye, dan besok sudah mulai masuk masa tenang," tegas Badriyah. 

Berbicara tentang Masa Tenang merupakan ruang tenang yang diberikan undang-undang kepada pemilih untuk berpikir menentukan pilihannya setelah peserta pemilu melakukan kampanye, menyampaikan visi misi dan programnya. 

"Namun untuk kita pengawas pemilu, masa tenang merupakan masa yang tidak tenang. Karena pada masa ini kita harus memastikan tidak terjadi potensi pelanggaran terkait kampanye, money politik, politisasi sara, info hoaks, atau politisasi birokrasi yang biasanya lebih gencar terjadi menjelang pemungutan dan perhitungan suara," ujar Ketua Bawaslu Selayar.

Sementara dalam sambutan Sekda Selayar Drs. Mesdiyono mengatakan atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih terhadap kesiapan terhadap tupoksinya selaku pengawas pemilu 2024.

"Mudah mudahan kita bisa jaga empat hari kemudian sampai pelaksanaan hari H. Dan pesan saya, jaga kesehatan. Kalau kita hari ini bisa sehat, mudah mudahan sampai empat hari ke depan masih bisa sehat," ujar Mesdiyono.

Sekda Mesdiyono berharap sama-sama menjaga keadaan yang sudah kondusif. Dan bekerjasama untuk supaya pelaksanaan pemilu ini bisa berjalan dengan lancar, aman, adil dan jujur. 

"Khususnya Kabupaten Kepulauan Selayar bisa berkualitas dan kita berharap tingkat partisipasi pemilih kita semakin tinggi dari pemilu 5 tahun yang lalu," tandasnya.

Apel Siaga Pengawasan ini, diawali dengan pemeriksaan Personil, dilanjutkan dengan Menyanyikan lagi indonesia dan Mars Bawaslu. (Rls)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Masa Tenang, Bawaslu Selayar Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

Trending Now

Iklan