Iklan

KPU Selayar Sosialisasi Tahapan Pemilu dan Bahaya Money Politik di Batu Lohe

Selasa, 26 September 2023 | 15:03 WIB Last Updated 2023-11-03T17:48:14Z


MEDIA SELAYAR.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Selayar mengikuti kegiatan Camping Adventure yang digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar di Pantai Batu Lohe, Desa Balang Butung Kecamatan Buki, Selasa (26/9/2023). 

Kesempatan tersebut dimanfaatkan KPU untuk berpartisipasi dengan memberangkatkan satu Tim berjumlah 14 orang yang dipimpin oleh Andi Mappatutu. Tim tersebut terdiri dari gabungan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPK). 

Dalam kegiatan itu, dihadapan peserta Camping Adventure Tim KPU memberikan pencerahan Pemilu, menyampaikan materi terkait Sosialisasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), jenis surat suara, Partai peserta Pemilu, Daerah Pemilihan (Dapil), dan cara memastikan telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu tahun 2024 dengan mengakses website https://cekdptonline.kpu.go.id. 

“KPU Kabupaten Kepulauan Selayar diundang menjadi bagian Camping Adventure sebagai salah satu peserta yang bisa menyampaikan terkait beberapa tahapan yang sudah dilalui sekaligus tahapan yang akan dilalui sampai hari pemilihan. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan menjadi kewajiban kami di KPU untuk hadir untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya peran semua stakholder untuk mengawal dan menyukseskan pemilu 2024,” jelas Koordinator Tim Camping Adventure KPU, Andi Mappatutu.

Tim Camping Adventure KPU Kabupaten Kepulauan Selayar juga mensosialisaskan terkait bahaya money politik yaitu akan melahirkan pemimpin yang egois, apatis dan pragmatis, pemimpin hanya peduli pada kelompok elit, pemimpin tidak partisipatif karena menggunakan jabatan sebagai media mengembalikan modal. 

Mappatutu menambahkan, sudah selayaknya masyarakat melek politik, memahami manfaat Pemilu, menambah pengetahuan tentang kepemiluan dan berpartisipasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih, masyarakat juga harus memilih secara otonom, memahami kompetisi yang adil dan memahami kontestasi politik sebagai media peralihan kekuasaan atau penyegaran sistem yang semakin berkualitas. 

Oleh karena itu, sudah saatnya kita di tahun politik ini menjadi Pemilih rasional dan kritis dalam mengawal Pemilu yang akan dilaksanakan tanggal 14 Februari tahun 2024, ucap Mappatutu. (R). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU Selayar Sosialisasi Tahapan Pemilu dan Bahaya Money Politik di Batu Lohe

Trending Now

Iklan