Iklan

Jembatan Pinang Jaya Ambruk, BPBD Gandeng TNI Bantu Bangun Akses Darurat Untuk Warga

Media Selayar
Rabu, 21 Desember 2022 | 07:49 WIB Last Updated 2022-12-21T00:44:52Z



MEDIA SELAYAR
- Jembatan penghubung antar desa sepanjang kurang lebih 20 (duapuluh) meter di sungai Pinang Jaya, Kecamatan Bontosikyu, Kepulauan Selayar, ambruk akibat banjir sungai Pinang Jaya. Akibatnya ratusan warga di 4 dusun yang berada di Desa Patilereng dan Desa Layolo Baru saat ini terisolir. 


" Upaya sementara saat ini adalah membangun akses darurat disamping jembatan yang tersisa namun hal ini masih sangat berisiko karena kondisi alam saat ini masih hujan, takutnya ada banjir sungai susulan dan jembatan darurat sementara yang akan dibangun ambruk lagi, namun tetap kita upayakan membangun akses darurat agar dapat dilewati oleh warga saat ini " jelas Andi Bahar Arsyad, Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Selayar, Selasa (20/12/2022).

Jembatan ambruk disebabkan adanya banjir sungai akibat hujan deras yang melanda dalam beberapa hari terakhir, beruntungnya karena kejadiannya tidak menyebabkan korban jiwa dan tidak ada yang melintas, jelas Andi Bahar. 

Akibat ambruknya jembatan, akses jalan propinsi Tana bau – Ngapaloka – Pattumbukang terputus. Akses ke 3 Dusun di Desa Patileng dan 1 Dusun Desa Laiyolo baru, serta akses ke Kawasan Wisata Pantai Punangaan juga terputus total.

Sementara itu, Saharuddin Arif kepada mediaselayar.com, Selasa (20/12/2022) menyebut bahwa jembatan yang ambruk adalah jalan utama perekonomian warga desa Patilereng, selain itu jembatan ini juga adalah akses jalan yang dilalui para siswa dan guru ke wilayah timur pulau Selayar. 

” Kejadian ini memutus akses dan mengisolir ratusan kk di kmpung Pinang Jaya Dusun Lembang Jaya kurang Lebih 20 kk, Reaiyya Dusun Reaiyya Desa Patilereng -+ 70 kk, Dusun Lalemang Patilereng -+ 20 kk, Tombangan Dusun Lalemang Patilereng -+ 50 kk, Ngapaloka Dusun Lalemang Patilereng -+ 7 Kk, Lokasi Wisata Pantai Punagaan Desa Patilereng dan Kampung Jammeng Dusun Timoro Desa Laiyolo Baru -+ 60 Kk” ungkap Saharuddin Arif.

Pantauan Pewarta, sejumlah personil TNI Polri, BPBD dan Tagana dibantu warga berupaya membangun jembatan darurat yang bisa dilewati pejalan kaki. Kendati demikian tetap dilakukan pengawasan karena air sungai masih deras dan hujan masih terus mengguyur hingga Selasa petang (Tim). 







Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jembatan Pinang Jaya Ambruk, BPBD Gandeng TNI Bantu Bangun Akses Darurat Untuk Warga

Trending Now

Iklan