Iklan

Kajari Kepulauan Selayar Papar Good Governance Pengertian dan Prinsip-prinsipnya

Media Selayar
Rabu, 21 Desember 2022 | 09:11 WIB Last Updated 2022-12-21T01:29:23Z


MEDIA SELAYAR
- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kepulauan Selayar, Hendra Syarbaini, SH MH menjadi pemateri dalam pelaksaaan Forum Gelar Pengawasan Daerah yang digelar oleh Inspektorat Kabupaten Kepulauan Selayar.  Kegiatan dilaksanakan diruang pola kantor Bupati Kepulauan Selayar pada Senin (19/12/2022). 

Pelaksaaan Forum Gelar Pengawasan Daerah yang digelar oleh Inspektorat Kabupaten Kepulauan Selayar mengusung tema "Penguatan Sistem Pengendalian Internal dalam mewujudkan Good dan Clean Governance, seperti dikutip dari pernyataan Kepala Kantor Inspektorat Selayar, H AR Karaeng Magassing, SH MH. 

Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar, Hendra Syarbaini, SH MH membawakan materi terkait dengan tema yang diusung. Dalam kesempatan tersebut, Kajari memaparkan prinsip  tata kelola pemerintahan, diantaranya maksud dan tujuan dari capaian good governance dan clean governance, pengertian serta prinsip-prinsipnya

“ Untuk mewujudkan prinsip-prinsip ini maka pemerintah harus melaksanakan prinsip akuntabilitas dan pengelolaan sumber daya secara efisien dengan didukung oleh sistem pengelolaan keuangan yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel,”  kata Hendra Syarbaini. 

Good governance diartikan sebagai perwujudan tata kelola pemerintahan yang baik. Wujud dari tata kelola pemerintahan yang baik adalah dengan ditandai adanya pemerintahan yang demokratis. Pemerintahan yang demokratis merupakan pemerintahan yang bersifat terbuka terhadap kritik dan kontrol sepenuhnya ada pada rakyat.

Menurutnya good governance adalah suatu penyelenggaraan manajemen pembangunan yang bertanggung jawab, sejalan dengan prinsip demokrasi dan pasar yang efisien, penghindaran salah alokasi dana investasi, dan pencegahan korupsi baik secara politik maupun administratif, menjalankan disiplin anggaran serta penciptaan legal and political framework bagi tumbuhnya aktivitas usaha. (Tim)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kajari Kepulauan Selayar Papar Good Governance Pengertian dan Prinsip-prinsipnya

Trending Now

Iklan