Iklan

Catatan Akhir Tahun 2022 Media Selayar

Media Selayar
Sabtu, 31 Desember 2022 | 20:22 WIB Last Updated 2022-12-31T13:11:43Z

MEDIA SLEYAR

MEDIA SELAYAR
- Penghujung tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi kilas balik perjalanan kehidupan masyarakat Kepulauan Selayar yang dikenal dinamis dan cukup aktif sepanjang tahun. 

Sebutlah sepekan terakhir sebelum pergantian tahun 2022, sejumlah kejadian dan peristiwa serta kabar menyedihkan dan mengagetkan kemudian terjadi. 

Mulai dari cuaca buruk, kapal tenggelam, gelombang laut naik ke pemukiman, pohon tumbang, jembatan putus dan kecelakaan lalu lintas. Belum lagi imbas kejadian seperti rumah tertimpa pohon, dan 6 awak kapal yang  hingga detik-detik pergantian tahun belum diketahui nasibnya. 

Kelangkaan bahan bakar minyak dan tabung gas akibat pasokan yang terlambat karena cuaca buruk termasuk menghiasi penghujung tahun 2022. Sejumlah desa di wilayah kepulauan kemudian terisolir akibat cuaca buruk dan kekhawatiran krisis sembako juga mengemuka dipenghujung tahun 2022. 

Penghujung tahun 2022 di Kepulauan Selayar juga menghitung kerusakan sarana public dimana-mana, seperti kerusakan tanggul ratusan meter di sejumlah pulau dan kerusakan jalan poros akibat cuaca buruk juga menjadi catatan tersendiri di penghujung tahun 2022 ini. 

Belum lagi persoalan listrik dan air bersih yang juga mendapat sorotan karena dinilai tidak pernah normal akibat cuaca buruk yang terus menerjang kepulauan Selayar hingga menjelang pergantian tahun. Tak ada yang lepas dari pengamatan dan pantauan Pewarta Selayar. Semua tertuang pada blog berita www.mediaselayar.com yang sederhana ini. 

Tercatat  juga keluhan-keluhan masyarakat  Kepulauan Selayar, mulai dari carut-marut  penyaluran bantuan sosial, bantuan perikanan serta bantuan pertanian serta bantuan dari sektor lainnya termasuk penanganan korban gempa bumi juga perlu mendapat perhatian serius dari pemangku kebijakan dan mereka yang berkaitan. Terlebih lagi kerap beredar informasi menyesatkan mengenai bantuan Pemerintah yang di klaim dan ditunggangi nama-nama tertentu dalam kepentingan politik.

Menjadi catatan tersendiri pada pola pendataan pasokan dan penyaluran bahan bakar minyak dari Pertamina ke penyalurnya Kabupaten Kepulauan Selayar, sangat butuh perhatian dalam pengawasannya. 

Jika kemudian kita menarik halaman ke bulan-bulan sebelumnya dalam tahun 2022  juga banyak tertuang rilis-rilis pembangunan dan kegiatan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar yang mendapat apresiasi pubilk, ditangan Bupati, H.M Basli Ali dan Wakil Bupati, H Saiful Arif. Semua tertuang nyata dan aktif tersajikan setiap waktu. Termasuk liputan Tim Reportase Media Selayar pada aktivitas masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, tersaji dalam bentuk berita dan feature dalam blog sederhana ini. 

Tercatat seribu seratus lebih aktivitas Pemerintah dan elemen lainnya terarsipkan rapi dan tertata dengan baik dalam blog www.mediaselayar.com dalam form tahun 2022. Termasuk berita-berita pembangunan desa di Kepulauan Selayar juga tercatat dan tersusun rapi sebagai jejak digital nama Kabupaten Kepulauan Selayar didunia maya. Sayangnya karena aktivitas dan kegiatan menyangkut  perwakilan rakyat sangat minim dan terkesan tidak dinamis dengan hanya memunculkan aktivitas terbatas menurut catatan redaksi. 

Catatan lain lagi adalah seringnya muncul narasi yang bermakna opini dan tendensius dimedia sosial (medsos) yang dinilai liar dan dapat membingungkan publik. Ini karena bebasnya penggunaan medsos atau website dan live streaming saat ini. Diharapkan peran Pemerintah khususnya bidang kominfo agar dapat lebih memperhatikan hal ini untuk membatasi peredaran hoaks dalam penyebaran informasi publik. 

Mari kita bangun informasi yang positif agar public tidak bingung dalam membaca medsos yang muncul tanpa batas. Namun menjadi catatan bahwa peranan medsos akhir akhir ini sangat kita kagumi dengan kecepatan informasinya. 

Yang menyimpan banyak sorotan publik dalam pelaksanaan pelayanan pada bidang-bidang pemerintahan adalah bidang Kesehatan, Pendidikan, Pemberdayaan dan Pariwisata, Perikanan, Pekerjaan Umum. Catatan lain yang menjadi sorotan publik dan tersimpan sebagai arsip adalah pelayanan publik disektor BUMN dan BUMD.

Selain itu, Redaksi berpendapat betapa sangat perlu peningkatan rasa kepedulian para pemangku dan wakil rakyat terhadap kejadian dan bencana yang saat ini kerap terjadi yang menimpa masyarakat. Dan betapa perlunya mengedepankan keramahan dalam melayani masyarakat oleh para pejabat pelayanan publik. 

Catatan terlama yang tersimpan dalam tahun 2022 dimeja redaksi adalah mengenai catatan kependudukan yang sampai saat ini masih menjadi carut marut persoalan ditengah masyarakat Kepulauan Selayar, khususnya dipelosok dan pulau-pulau terpencil. 

Belum lagi catatan terlama lainnya yang perlu mendapat perhatian adalah ratusan pasangan di wilayah Kepulauan Selayar belum memiliki surat nikah dengan berbagai permasalahan yang menjadi kendala pasangan tersebut tidak atau belum memiliki surat nikah. 

Imbasnya adalah ratusan anak-anak mereka kemudian tidak bersyarat atau belum memiliki akte kelahiran, yang kemudian menjadi salah satu batu sandungan, untuk melanjutkan pendidikan bagi anak-anak usia sekolah. Catatan Redaksi adalah bagaimana mempermudah jalan agar mereka bisa memilikinya. 

Secara umum dan pada kesimpulannya adalah “ Teori Termaktub Dalam Berita Jauh Lari dari Kenyataan yang Ada” dan sangat butuh peningkatan terus menerus agar publik tidak menyoroti lagi dan tidak lagi menghiasi catatan akhir tahun pada tahun-tahun yang akan datang. 

Hingga akhirnya Redaksi Media Selayar Grup tiba pada kesimpulan bahwa berangkat dari jejak digital tersebut, dan niat baik menjadi pengisi pembangunan di Bumi Tanadoang Selayar melalui dunia Jurnalis, selanjutnya mengajukan dan memberi masukan serta saran agar Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar  dapat mempertahankan, melanjutkan dan meningkatkan capaian pembangunan yang ada, serta menghentikan dan mengawasi kegiatan yang dipandang manfaatnya tidak menyentuh langsung ke masyarakat Kepulauan Selayar. 

Selamat Jalan Tahun 2022 dan Selamat Datang Tahun 2023 Dengan sejuta harapan kiranya Kabupaten Kepulauan Selayar semakin maju dan semakin sejahtera kedepannya. 

Salam jabat hati dari Managemen dan Redaksi Media Selayar untuk seluruh pembaca. Harapan tak pernah lekang untuk tetap memberi  dan menyajikan informasi-informasi menarik ke hadapan seluruh pembaca www.mediaselayar.com dan penonton Media Selayar TUBE.  

Salam Redaksi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Catatan Akhir Tahun 2022 Media Selayar

Trending Now

Iklan