Iklan

Kodim 1415 Dukung Ketahanan Pangan Dengan Buka Lahan Pertanian Dan Tebar Ribuan Bibit Ikan Nila

Media Selayar
Jumat, 28 Oktober 2022 | 14:22 WIB Last Updated 2022-10-28T06:22:36Z


MEDIA SELAYAR
- Dandim 1415 Selatar, Letkol. Inf. Nanang Agung Wibowo pimpin langsung peninjauan dan pembukaan lahan pertanian dan budidaya ikan air tawar dikelurahan Putabangung, Kecamatan Bontoharu Kepulauan Selayar, pada Jumat (28/10/2022). 

Dandim 1415 Selayar, Letkol. Inf. Nanang Agung Wibowo kepada Pewarta menjelaskan bahwa pembukaan dan penggarapan lahan dilaksanakan guna mendukung program Ketahanan Pangan Nasional. Dan ini merupakan amanah dari pimpinan TNI AD kepada jajaran hingga ke daerah. 

"Ini kita buka lahan yang tidak produktif dan kita jadikan sebagai lahan produktif. Dengan menanam palawija dan tanaman jangka pendek. Disamping itu kita juga melakukan budi daya ikan air tawar dengan jumlah bibit puluhan ribu ekor ikan nila jelas Letkol. Inf. Nanang Agung Wibowo, Dandim 1415 Selayar.

Lahan yang telah dibuka ini akan dimanfaatkan sebagai lahan pembibitan, mulai dari cabe rawit, tomat, dan kangkung serta Ikan Nila. Insya Allah bisa membantu warga disini, jelas Dandim 1415.

Dalam kesempatan ini juga, Dandim 1415/Selayar melepas bibit Ikan Nila sebanyak 20.000 ekor yang diperkirakan selama 3 bulan kedepan sudah dapat dipanen, pungkas Letkol. Inf. Nanang Agung Wibowo.

Secara nasional, Pemerintah telah mencanangkan program Ketahanan Pangan sejak 2012, dengan diterbitkannya UU No 18/2012 Tentang Pangan. Disebutkan dalam UU tersebut bahwa Ketahanan Pangan adalah kondisi terpenuhinya Pangan bagi negara sampai dengan perseorangan.

Hal tersebut tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kodim 1415 Dukung Ketahanan Pangan Dengan Buka Lahan Pertanian Dan Tebar Ribuan Bibit Ikan Nila

Trending Now

Iklan