Iklan

Gempa Kembali Guncang Kepulauan Selayar

Media Selayar
Jumat, 28 Oktober 2022 | 07:42 WIB Last Updated 2022-10-27T23:42:30Z


MEDIA SELAYAR
- Melalui halaman resmi BMKG merilis kejadian getaran gempabumi diwilayah Kepulauan Selayar terjadi pada Jumat 28 Oktober 2022 pukul 01.36.21. 

Berikut rilis BMKG terkait gempa di wilayah Kepulauan Selayar.

 *GEMPABUMI TEKTONIK M 4.5 MENGGUNCANG SELAYAR-SULSEL*

*Kejadian dan Parameter Gempabumi:*

Hari Jumat, 28 Oktober 2022 pukul 01:36:21 WITA, wilayah Selayar diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M 4.5.  

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.20 LS dan 121.22 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 128 km Tenggara Selayar-Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 km. 

*Jenis dan Mekanisme Gempabumi:*

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, menunjukkan bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar aktif yang berdekatan dengan pusat episenter. 

*Dampak Gempabumi:*

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Pulau Jampea dan Takabonerate III MMI *(Getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)*.  Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

*Gempabumi Susulan*:

Hingga pukul 02:00:00 WITA, hasil monitoring BMKG telah terjadi adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sebanyak 1 kali

*Rekomendasi:*

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. 

Makassar, 28 Oktober 2022

Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar

*Irwan Slamet, ST, M.Si*

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gempa Kembali Guncang Kepulauan Selayar

Trending Now

Iklan