MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Takabonerate Selayar Atol Terluas di Asia Tenggara
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar

    Takabonerate Selayar Atol Terluas di Asia Tenggara

    Media Selayar
    Sabtu, 18 September 2021, 15:15 WIB Last Updated 2021-09-18T07:15:47Z


    MEDIA SELAYAR
    . Fakta tak dapat dipungkiri dan ini tercatat oleh dunia Internasional bahwa, dua pertiga luas lautan di Indonesia lebih besar daripada daratan. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, setelah Kanada.


    Dari catatan tersebut kemudian diketahui kalau nama Kepulauan Selayar kemudian tercatat sebagai lokasi atol terluas di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Lokasi atol terluas tersebut ada di Kecamatan Takabonerate Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan. 


    Atol adalah pulau karang yang biasanya berbentuk cincin dan di bagian tengahnya danau/cekungan/laguna yang telah terisi oleh air laut, dan dijamin pasti dikelilingi oleh terumbu karang yang sangat indah. Atol terluas Asia Tenggara itu terdapat di Taman Nasional Taka Bonerate.


    Takabonerate merupakan nama Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Tempat itu terdiri dari beberapa pulau kecil dengan pantai yang sangat bersih berpasir putih.


    Berada di kawasan Coral Triangle Intiative (CTI), kawasan ini merupakan habitat bagi berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Keindahan pantai dengan surga alam bawah lautnya, menjadikan tempat ini terkenal hingga ke mancanegara.


    Selain disebut-sebut sebagai atol terluas se-Asia Tenggara, Taman Nasional Taka Bonerate merupakan kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maldives.


    Luas total taman nasional ini adalah 530.765 hektar, dimana 220.000 hektar merupakan hamparan atol dan laguna dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km².


    Taman Nasional Laut Takabonerate adalah surga bagi para penyelam dan penikmat olah raga bawah laut. termasuk bagi mereka yang suka pesiar, maka Taman Nasional Takabonerate adalah lokasi wisata bahari yang tak diragukan lagi. 


    Namun ada masa yang perlu diperhatikan untuk berkunjung ke Taman Nasional Takabonerate. Masa yang paling pas adalah antara bulan April-Juni, dan bulan Desember. (@)). 


    Editor : A. Lolo. 

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru