MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Bertahun-tahun Jalanan Rusak, Warga Desa Jambuiya Selayar Pasrah
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar

    Bertahun-tahun Jalanan Rusak, Warga Desa Jambuiya Selayar Pasrah

    Media Selayar
    Senin, 23 Agustus 2021, 00:31 WIB Last Updated 2021-08-22T16:31:37Z


    MEDIA SELAYAR
    . Sepanjang kurang lebih 2 km jalan menuju dusun Batu Panynyu, Desa Jambuiya, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar, hingga saat ini belum juga tersentuh perbaikan. Jalanan ini sudah rusak sejak lama, teglah hampir 7 tahun. Padahal jalan kabupaten ini merupakan akses utama perekonomian ratusan masyarakat Batupanynyu ke pusat kabupaten. 


    Kondisi jalan sangat memprihatinkan, aspal terkelupas dan batu jalan telah terhambur. Malah sejumlah lubang dibadan jalan serta sisi jalan terlihat semakin dalam tergerus waktu. Sebuah lubang menganga disebuah duiker, dijalanan dari Batupanynyu ke arah kantor desa Jambuiya. Termasuk didepan kantor desa Jambuiya, jalannya telah rusak parah. 


    Kepala Dusun Batupanynyu, Marling, kepada Pewarta (22/8) mengaku setiap hari lewat di jalan rusak tersebut. Ia mengaku kecewa sekaligus pasrah. Sebab sudah bertahun-tahun tidak ada perbaikan. Malah telah sering terjadi kecelakaan namun tetap belum mendapat perhatian. 


    Namun tidak ada pilihan lain untuk bisa ke Batupanynyu, tidak ada alternatif, dan kita harus melalui jalan ini kalau mau ke Batupanynyu, ujarnya. 


    Jadi kalaupun licin dimusim hujan, gelap jika malam karena tidak ada penerangan, aspalnya terkelupas, mau diapa lagi, kita mau lewat mana lagi ke kampung, ujarnya lagi. 


    "Jalan rusak ini sudah bertahun-tahun belum diperbaiki. Perkiraan sudah 7 tahun. Kalau ingin ke pasar atau ke kota kami terpaksan harus lewat karena tidak ada jalan lain yang lebih dekat dan cepat " hanya melalui jalan ini kata Marling.


    Diakui, saat kemarau jalan ini berdebu, dan saat musim hujan kondisi jalan licin dan becek. Sehingga sangat berbahaya untuk dilintasi. Ia berharap agar jalan ke Batupanynyu bisa mendapat perhatian pemerintah agar segera mendapat perhatian. 


    Kepada Pewarta, Marling juga menyampaikan kalau usulan ke pemerintah kabupaten telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, Termasuk pada tahun 2020 lalu juga telah diusulkan untuk mendapat perbaikan, namun hingga saat ini belum mendapat perbaikan. Mudah-mudahan tahun ini bisa mendapat perbaikan, kuncinya. 


    Pantauan Pewarta, bukan saja jalan ke Batu Panynyu yang rusak berat. Tapi sejumlah ruas jalan di wilayah Kecamatan Bontomanai, rusak dan berlobang. Padahal diwilayah ini memiliki banyak potensi yang bisa menguntungkan bagi daerah ini. Diantaranya potensi wisata dan potensi pertanian. (Tim).

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru