Iklan

Seluruh Awak Telah Gugur, KRI Nanggala-402 Ditemukan Dikedalaman 838 Meter

Minggu, 25 April 2021 | 21:21 WIB Last Updated 2021-04-25T13:21:10Z


MEDIA SELAYAR.
Seluruh awak KRI Nanggala-402, yang tenggelam di perairan Bali dinyatakan telah gugur. Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, pada Minggu (25/4).


Panglima TNI melaporkan hasil pencarian KRI Naggala-402, didapat dari temuan citra dan serpihan kapal selam yang didapat lebih detail oleh tim SAR.


"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," ujar Hadi dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4).


Hadi mengatakan, Satgas SAR, telah mengerahkan segala kemampuannya untuk memastikan keberadaan KRI Nanggala-402. 


KRI Rigel, kata Hadi, juga telah melakukan pemindaian secara akurat dengan multibeam sonar dan magnetometer untuk menghasilkan citra bawah air yang lebih detail. MV Ship Rescue juga telah menurunkan ROV-nya untuk memperkuat citra bawah air.


KRI Rigel dan sejumlah kapal lainnya yang memiliki sonar menemukan sejumlah barang-barang lainnya. 


"Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11," jelas Hadi.


Dengan bukti itu, Hadi memastikan seluruh awak telah gugur.


Sementara itu, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, KRI Nanggala berhasil ditemukan setelah KRI Rigel dan MV Swift Rescue Singapura. KRI Nanggala berada di kedalaman 838 meter.


KRI Rigel dan MV Swift Rescue berhasil melihat citra kapal selam di kedalaman 838 meter, kata Yudo Margono. (***)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Seluruh Awak Telah Gugur, KRI Nanggala-402 Ditemukan Dikedalaman 838 Meter

Trending Now

Iklan