MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Jokowi Bakal Lantik 2 Menteri Baru
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar

    Jokowi Bakal Lantik 2 Menteri Baru

    Rabu, 28 April 2021, 16:18 WIB Last Updated 2021-04-28T08:18:57Z


    MEDIA SELAYAR.
    Presiden Joko Widodo diketahui bakal melantik empat orang pejabat negara. Rencananya ada 2 menteri dan 2 kepala lembaga akan dilantik di Istana Negara Jakarta, hari ini, Rabu (28/4) sore. 


    "Iya (pelantikan empat pejabat negara)," kata sumber dari lingkungan istana saat dikonfirmasi mengenai pelantikan tersebut di Jakarta. Demikian dikutip dari ANTARA.


    Sebelumnya, pada 9 April 2021 lalu, dalam Rapat Paripurna DPR RI menyetujui pembentukan dua kementerian baru. Di antaranya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Investasi.


    Dua kementerian baru itu telah sesuai dengan  hasil keputusan Badan Musyawarah (Bamus) yang membahas Surat Presiden Jokowi Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian pada 8 April 2021.


    Persetujuan DPR tersebut sesuai dengan ketentuan pada UU Nomor 39 Tahun 2019 tentang Kementerian Negara yang mengatur bahwa pengubahan sebagai akibat pemisahan atau penggabungan kementerian dilakukan dengan pertimbangan DPR.


    Nama yang santer bakal dilantik adalah, Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi, yang sebelumnya adalah Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).


    Selain itu, nama Nadiem Makarim yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) disebut-sebut bakal menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).


    Kemudian muncul ke permukaan nama Laksana Tri Handoko yang digadang-gadang akan dilantik Jokowi sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Diketahui, Handoko saat ini menjabat Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).


    Sementara satu nama lain yakni Indriyanto Seno Adji diketahui merupakan penasihat Kapolri pun disebut-sebut bakal dilantik, menjadi Dewan Pengawas KPK menggantikan Artidjo Alkostar yang meninggal beberapa waktu lalu. (***)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru