MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Mau Ke Pulau Selayar Lewat Darat ? Cek Dulu Jadwal Kapal Feri
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar

    Mau Ke Pulau Selayar Lewat Darat ? Cek Dulu Jadwal Kapal Feri

    Media Selayar
    Jumat, 19 Maret 2021, 12:37 WIB Last Updated 2021-03-19T04:41:05Z


    MEDIA SELAYAR
    . Bagi Anda yang ingin bepergian keluar Selayar atau mau datang ke Pulau Selayar menggunakan moda transportasi laut melalui pelabuhan Pamatata dan Pelabuhan Bira, maka harus cepat-cepat datang ke pelabuhan untuk ambil antrian di pos dermaga, selanjutnya ke loket membeli tiket kendaraan dan tiket Anda sendiri diloket pembelian tiket. 


    Bila terlambat maka kemungkinan besar Anda tidak ikut pada trip keberangkatan kapal feri tujuan Anda di jalur penyeberangan Selat Selayar ini. 


    Bukan apanya, kapal ferinya memang ada 4 armada namun jumlah penumpangnya juga banyak, dan terbagi beberapa rute pelayaran.


    Dan kalau keberangkatan tertunda karena antrian dengan nomor tinggi maka pastikan Anda akan menunggu sekitar 5 - 6 jam baru kemudian bisa berangkat. Itupun kalau antrian Anda sudah masuk dalam daftar muatan. 


    Armada kapal feri yang berada di pelabuhan Bira adalah milik PT. ASDP Indonesian Ferry yang merupakan satu-satunya operator yang melayani masyarakat Kepulauan Selayar sejak puluhan tahun lalu. 


    Dari pantauan Pewarta selama sepekan ini, kapal-kapal feri bermarkas di pelabuhan Bira bercampur dengan kapal-kapal nelayan dan kapal-kapal Pariwisata didalam kolam pelabuhan Bira. 


    Sayangnya karena 4 Armada yang bermarkas di pelabuhan ini dinilai tidak mampu melancarkan pelayanan arus lalu lintas ke dan dari Selayar. 


    Karena kapal feri KMP. Bontohatru yang agak besar kadang tidak melayari rute Bira - Pamatata karena ada rute lain yang dilayani. 


    Begitupun dengan 2 kapal lainnya juga punya jalur pelayaran keliling pulau-pulau  dan singgah di pelabuhan Pattumbukang. Itupun masih sering dikeluhkan. 


    Arus penumpang dan kendaraan semakin ramai dipelabuhan Bira dan Pamatata, namun dinilai tidak beriring dengan peningkatan pelayanan, khususnya pelayanan ke masyarakat pengguna jasa kapal feri rute Bira - Pamatata yang akhir-akhir ini kembali menjadi buah bibir masyarakat Kepulauan Selayar. 


    Diberitakan sebelumnya jadwal kapal feri penyeberangan Pelabuhan Bira Bulukumba ke pelabuhan Pamatata Kepulauan Selayar dan jadwal kapal feri dari pelabuhan Pattumbukang ke wilayah kepulauan Selayar akhir-akhir ini kembali menjadi sorotan. 


    Bukan apanya, 2 jalur penyeberangan kapal feri ini adalah merupakan urat nadi perekonomian masyarakat Kepulauan Selayar. 


    Hal yang menjadi sorotan adalah tidak menentunya jadwal keberangkatan kapal dan seringnya kapal feri tidak datang tepat waktu. 


    Belum lagi tidak teraturnya kendaraan diareal pelabuhan dan kotornya lokasi pelabuhan. 


    Padahal pelabuhan Bira dan Pelabuhan Pamatata adalah gerbang utama untuk datang ke Kepulauan Selayar. (Tim). 


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru