MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Sepekan Terakhir Kapal Feri Kerap Berlayar Malam Dari Pelabuhan Pamatata
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar

    Sepekan Terakhir Kapal Feri Kerap Berlayar Malam Dari Pelabuhan Pamatata

    Media Selayar
    Jumat, 19 Maret 2021, 19:48 WIB Last Updated 2021-03-19T11:56:20Z


    MEDIA SELAYAR
    . Sepekan terkahir ini armada kapal feri yang melayari pelabuhan Bira Kabupaten Bulukumba dan pelabuhan Pamatata Kabupaten Kepulauan Selayar terpantau kerap melakukan pelayaran malam dari pelabuhan Pamatata ke pelabuhan Bira.


    Sumber yang ditemui di pelabuhan Pamatata menyebut kalau pelayaran malam, dari pelabuhan Pamatata ke pelabuhan Bira adalah merupakan trip ke 2 setelah sebelumnya trip pertama pada siang harinya. 


    Rata-rata penumpang yang diberangkatkan dengan pelayaran malam dari Pamatata menuju Bira adalah mereka yang tidak terangkut dengan pemberangkatan feri trip 1 sebelumnya. 


    Pelayaran malam mengangkut penumpang dari Selayar ini tiba dipelabuhan Bira antara pukul 21 dan 22.00 Wita. 


    Pantauan Pewarta saat pemberangkatan malam dari pelabuhan Pamatata, kapal feri milik PT. ASDP, KMP. Balibo mengangkut truk, pick up dan mobil pribadi serta motor.


    Seperti pada Kamis (18/3) pada trip ke 2, penumpang kebanyakan telah menunggu sejak siang tengah hari, karena jadwal yang ada disebut pemberangkatan trip ke 2 adalah sore.


    Kendati memang tidak ada pengumuman resmi yang terlihat dipasang atau diumumkan ke publik oleh pengelola. 


    Hingga saat ini ketidak jelasan jadwal kapal feri yang melayani Kepulauan Selayar banyak mendapat respon publik khususnya yang aktif di media sosial. 


    Ansar, salah seorang penumpang kepada Pewarta menyampaikan kalau Ia dan rekannya mau ke Makassar, tidak naik di trip pertama. Ia rela menunggu disebuah warkop di pelabuhan karena trip 2 jadwalnya sore antara jam 3 atau jam 4, kenyataannya ferinya tiba jam 17. 30 Wita  dan berangkat pukul 19.30 Wita. 


    Sudah berjam jam menunggu dan pasti kami tiba dinihari di Makassat Pak, jelas Ansar. Sambil menyampaikan harapan kiranya Pemerintah terkait dan para wakil rakyat disemua tingkatan bisa turun melihat kondisi dilapangan. Jangan hanya mau menerima laporan ABS, dan berteori tinggi di media sosial, pungkas Ansar.


    Belum ada penjelasan resmi dari pihak berwenang terkait penyebab kondisi pelayaran kapal feri Bira Pamatata yang dinilai tidak ada peningkatan pelayanan, tapi malah penurunan. Sementara cuaca dalam sepekan ini diperairan Selat Selayar cukup bersahabat. 


    Diberitakan sebelumnya jadwal kapal feri penyeberangan Pelabuhan Bira Bulukumba ke pelabuhan Pamatata Kepulauan Selayar dan jadwal kapal feri dari pelabuhan Pattumbukang ke wilayah kepulauan Selayar akhir-akhir ini kembali menjadi sorotan. 


    Bukan apanya, 2 jalur penyeberangan kapal feri ini adalah merupakan urat nadi perekonomian masyarakat Kepulauan Selayar. 


    Hal yang menjadi sorotan adalah tidak menentunya jadwal keberangkatan kapal dan seringnya kapal feri tidak datang tepat waktu. 


    Belum lagi tidak teraturnya kendaraan diareal pelabuhan dan semrawutnya lokasi pelabuhan. (Tim). 


    Padahal pelabuhan Bira dan Pelabuhan Pamatata adalah gerbang utama untuk datang ke Kepulauan Selayar. (Tim).


     

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru