Jalan Usaha Tani Tajuia - Lembang Parring Beri Harapan Baru Bagi Masyarakat Desa Bungaiya

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Jalan Usaha Tani Tajuia - Lembang Parring Beri Harapan Baru Bagi Masyarakat Desa Bungaiya

Media Selayar
Minggu, 04 Agustus 2019
Jalan Usaha Tani Tajuia -  Lembang Parring , Beri Harapan Baru Bagi Masyarakat Desa Bungaiya

MEDIA SELAYAR. Warga Desa Bungaiya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar mendapat harapan baru dengan dibangunnya jalan usaha tani poros Tajuia -  Lembang Parring, dari dana desa yang dikerjakan dengan sistim padat karya tunai.

Jalan usaha tani tersebut menjadi salah satu nadi perekonomian masyarakat desa Bungaiya yang bermata pencaharian sebagai petani, peternak dan nelayan

Jika selama ini masyarakat harus jauh dan lama memutar bila menuju ke lokasi kebun jambu mente dan lokasi peternakannya, sekarang dengan terbangunnya jalan usaha tani poros Tajuia -  Lembang Parring, yang panjangnya kurang lebih 530 meter, lebih memudahkan petani dan peternak mencapai kebun mereka.

Dengan adanya jalan ini, sangat membantu masyarakat tani jambu dan peternak, intinya masyarakat lebih mudah, ujar Agusta Heryanto, Ketua BPD Bungaiya, Minggu (4/8) di Bonelohe.

Sementara itu, Alimuddin D. ST ditempat terpisah menjelaskan bahwa jalan usaha tani poros Tajuia -  Lembang Parring tersebut dibiayai dari dana desa Bungaiya TA 2019.

Anggaran yang digunakan sekitar Rp 116 juta dari pembangunan tersebut diantaranya digunakan untuk upah pekerja.

Alimuddin, lanjut menjelaskan kalau pemanfaatan dana desa sudah sesuai hasil. Sejumlah infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi terus dibangun. Pembangunannya pun sudah sesuai dengan hasil musyawarah desa, jelasnya.

Apa yang kita bangun sesuai dengan kebutuhan warga. Kami fokus pada petani membuat jalan agar bisa membantu menjangkau lokasi perkebunan, dan membantu membawa hasil panen dari lokasi perkebunan dan peternakan.

Salah seorang warga, yang merasakan langsung pemanfaatan dari jalan usaha tani, Appi' mengaku lega sekarang sudah bagus karena bisa cepat sampai dan sudah dekat jaraknya ke jalan besar.

"Dengan adanya jalan tani ini memudahkan kami untuk mengangkut hasil panen. Yang dulunya kami harus jalan kaki jauh ke jalan besar sekarang sudah dekat dan cepat karena bisa naik motor atau mobil, kuncinya. (Afd)