Iklan

Video Tari Pangngaru Dari Sambali Pulau Bonerate Selayar

Media Selayar
Selasa, 24 Januari 2017 | 00:24 WIB Last Updated 2022-03-13T02:07:26Z

MEDIA SELAYAR. Video diatas direkam pada saat pelaksanaan kegiatan gelar budaya adat Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangkaian pelaksanaan Musda IX Partai Golkar Selayar 2017 di halam Rumah Jabatan Bupati Kep.Selayar. Tari pangaru atau disebut juga Hanaria Pangaru merupakan tarian yang berasal dari Desa Sanbali, Kecamatan Pasimarannu Kabupaten Kepulauan Selayar.

Tari Pangaru merupakan tarian magis, karena setiap gerakan para penarinya sangat berbahaya dengan menyayat bagian tubuh dengan menggunakan badik atau senjata tajam khas Selayar. Tarian ini diiringi oleh beberapa alat musik tradisional seperti gendang, gong dan pui – pui.

Iramanya yang khas dapat membangkitkan emosi para penari hingga tak sadarkan diri, para penari pun menusuk atau menyayat tubuh mereka dengan badig. Selain penari terdapat juga dayang – dayang, pemimpin adat, dan para pemain music. Dan uniknya mereka menggunakan pakaian khas kerajaan. Tarian ini tercipta karena ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan rasa gembira atas ditemukannya sumber air untuk kehidupan masyarakat sekitar.

Seiring dengan perkembangan jaman, pangaru pun dimodifikasi menjadi sebuah tarian hingga tradisi turun menurun yang senantiasa digelar pada acara – acara pesta. (lo2)

TONTON VIDEO LAINNYA : 
Video Permainan Budaya Selayar A' Tojeng

BACA BERITA TERBARU : 
Pemkab Selayar Desak Pemerintah Pusat Agar 2 Orang Warganya Di Selamatkan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Video Tari Pangngaru Dari Sambali Pulau Bonerate Selayar

Trending Now

Iklan