Kamis, 03 Mei 2018

Pulau Selayar Akan Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata, Swaenergi Pertama Di Indonesia

MEDIA SELAYAR. Destinasi wisata swaenergi akan ditetapkan di Pulau Selayar demikian dikutip dari salah satu judul pemberitaan media online nasional pada Rabu 2 Mei 2018.

Lebih lanjut dalam berita tersebut ditulis bahwa Destinasi (daerah tujuan) wisata swaenergi pertama di Indonesia akan ditetapkan di Pulau Selayar, Sulawesi Selatan, setelah konsorsium Awing Group-Bintang Group bersama Scatec Solar dari Norwegia membangun pembangkit listrik tenaga surya sebesar 3 megawatt di daerah itu.

"Konsorsium ini menargetkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dapat diresmikan pada hari jadi Selayar, 29 November 2018," kata Komisaris Utama Proyek Selayar Surya Optima Fikar Rizky Mohammad dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Kunjungan perdana sudah dilakukan April 2018 ke Pulau Selayar dan dalam pertemuan dengan Bupati Selayar, PLN Ranting Selayar, pemilik lahan, dan DPRD, PLTS mendapat dukungan penuh dan proyek ini dapat segera diwujudkan.

Fikar menyebutkan PLTS Selayar ini merupakan proyek perdana konsorsium yang berencana membangun setidaknya 100 megawatt di Indonesia bersama Scatec Solar Norwegia.

"Semangat kami dan Scatec adalah untuk menyelamatkan bumi, mengingat Indonesia punya peran besar karena posisi geografisnya," kata Fikar.

Menurut dia, Indonesia merupakan negara penghasil emisi karbon terbesar nomor delapan di dunia, yakni sebesar 1 gigaton CO2.

Indonesia sendiri mempunyai potensi energi surya 207,8 GW, tetapi baru terpakai 0,09 GW atau 0,02 persen. Dengan memaksimalkan semua potensi energi surya, bisa menurunkan emisi CO2 sebesar 0,3 gigaton CO2 atau 1/3 dari target penurunan emisi.

Energi surya mempunyai peranan yang signifikan untuk menurunkan emisi CO2 yang telah menyebabkan terjadinya perubahan iklim, seperti cuaca ekstrem, suhu air laut naik, yang akhirnya berpengaruh pada krisis pangan karena perubahan pola pertanian, perkebunan, dan menurunnya populasi ikan. (Antara)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.