.

Media Selayar

Medianya Orang Selayar

Home » , , , , , » Video Tari Pangngaru Dari Sambali Pulau Bonerate Selayar

Video Tari Pangngaru Dari Sambali Pulau Bonerate Selayar

Penulis Media Selayar TV on Selasa, 24 Januari 2017 00.24.00


MEDIA SELAYAR. Video diatas direkam pada saat pelaksanaan kegiatan gelar budaya adat Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangkaian pelaksanaan Musda IX Partai Golkar Selayar 2017 di halam Rumah Jabatan Bupati Kep.Selayar. Tari pangaru atau disebut juga Hanaria Pangaru merupakan tarian yang berasal dari Desa Sanbali, Kecamatan Pasimarannu Kabupaten Kepulauan Selayar.

Tari Pangaru merupakan tarian magis, karena setiap gerakan para penarinya sangat berbahaya dengan menyayat bagian tubuh dengan menggunakan badik atau senjata tajam khas Selayar. Tarian ini diiringi oleh beberapa alat musik tradisional seperti gendang, gong dan pui – pui.

Iramanya yang khas dapat membangkitkan emosi para penari hingga tak sadarkan diri, para penari pun menusuk atau menyayat tubuh mereka dengan badig. Selain penari terdapat juga dayang – dayang, pemimpin adat, dan para pemain music. Dan uniknya mereka menggunakan pakaian khas kerajaan. Tarian ini tercipta karena ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan rasa gembira atas ditemukannya sumber air untuk kehidupan masyarakat sekitar.

Seiring dengan perkembangan jaman, pangaru pun dimodifikasi menjadi sebuah tarian hingga tradisi turun menurun yang senantiasa digelar pada acara – acara pesta. (lo2)

TONTON VIDEO LAINNYA : 
Video Permainan Budaya Selayar A' Tojeng

BACA BERITA TERBARU : 
Pemkab Selayar Desak Pemerintah Pusat Agar 2 Orang Warganya Di Selamatkan

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

BERLANGGANAN BERITA

 
Alamat Redaksi Jl.Mkr Bonto No 28 | Benteng Kab-Kep-Selayar -92812- email- radiocontrend at yahoo dot co dot id-
CP-081 241 927 000-Media Selayar--Sulawesi-Selatan--Indonesia
KAMI BANGGA- DAN BERTERIMA KASIH- KEPADA PEMBACA DAN PENDENGAR
STAY TUNE 98,3 FM--SEMUA UNTUK SELAYAR