Iklan

Pemkab Kepulauan Selayar Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H / 2024 M

Selasa, 09 Juli 2024 | 21:03 WIB Last Updated 2024-07-09T13:03:18Z


MEDIA SELAYAR.
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H / 2024 M dengan mengusung tema, "Hijrah Gerak Kehidupan Menunaikan Sunnatullah ke Arah yang Lebih Baik", di Mesjid Agung Al-Umaraini Benteng, Senin (8/7/2024) malam.

Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H dihadiri Bupati Kepulauan Selayar diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ir. H. M. Yunan Krg. Tompobulu, S.T.,M.T,. IPM, para Asisten Setda, para staf ahli bupati, para kepala OPD, pimpinan instansi vertikal, BUMM dan BUMD, Para kepala bagian Setda.

Hadir pula para Camat, pemangku jabatan Eselon III dan IV, lurah se- Kecamatan Benteng, para tokoh agama dan tokoh masyarakat dan para pengurus - pengurus Masjid se- Kecamatan Benteng dan undangan lainnya.

Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an oleh qoriah Nur Irmayanti mengawali acara tersebut, dilanjutkan dengan pembacaan do'a oleh Saiful Herman. Sementara bertindak sebagai pembawa Hikmah adalah Ust. Suwandi Sudirman. 

Sambutan tertulis Bupati Kepulauan Selayar yang dibacakan oleh Asisiten Pemerintahan dan Kesra M. Yunan menyampaikan bahwa penetapan awal tahun baru Islam merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Madinah. 

Dikatakan peristiwa hijrah nabi merupakan momen penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada tahun 622 masehi, ditetapkan sebagai hari pertama dalam penanggalan Hijriah atau kalender Islam yakni 1 Muharram 1 Hijriah yang tidak hanya dimaknai secara fisik semata melainkan hijrah rohania.

Dikemukakan, peringatan tahun baru Islam merupakan momentum bersama, momentum berjamaah untuk mengintropeksi diri dan melakukan transformasi ke arah kondisi yang lebih baik. 

“Mari kita renungi bersama sabda Rasulullah SAW yaitu "barangsiapa yang hari ini lebih baik dari kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung dan barang siapa yang hari ini sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi, dan barangsiapa yang lebih jelek dari hari kemarin maka dia terlaknak," pintanya. 

Pada kesempatan dirinya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat Kepulauan Selayar, para tokoh agama dan para tokoh masyarakat serta beberapa organisasi keagamaan yang telah bersinergi dan berperan aktif dalam mendukung program pemerintah daerah dibidang keagamaan sehingga tetap terjaga ukhuwah islamiah, watania dan insania demi terwujudnya masyarakat yang riligius. 

Atas nama pemerintah daerah, pribadi dan keluarga saya sampaikan "Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah", semoga dengan kedatangan tahun baru Islam 1446 hijriah kita semakin memiliki kepekaan sosial, kualitas keimanan kita semakin meningkat dalam ridho dan rahmat Allah SWT,” tutup M. Yunan. (Hms). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Kepulauan Selayar Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H / 2024 M

Trending Now

Iklan