Iklan

Bupati Basli Ali Sebut Potensi Perikanan Kepulauan Selayar Tarik Minat Investor Jepang

Sabtu, 15 Juni 2024 | 04:37 WIB Last Updated 2024-06-14T20:37:22Z


MEDIA SELAYAR.
Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali menerima kunjungan kehormatan Konsuler Jepang, Ohashi Koichi di kantornya. Adapun kedatangannya terkait rencana investasi di Kepulauan Selayar.

Basli mengatakan Pemerintah Jepang tertarik dengan potensi yang dimiliki Kepulauan Selayar. Konsuler Jepang ini datang dengan membawa dua perusahaan asal negeri sakura yang bergerak dibidang perikanan.

"Dia berencana mau investasi untuk cumi dan gurita di Selayar, kami mau bicarakan lebih lanjut," ujar Bupati Singkat usai pertemuan dengan Ohashi Koichi, Jum'at (14/6/2024). 

Bupati menambahkan Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki peran penting di kancah Internasional, baik dari segi ekonomi, teknologi, maupun budaya. 

Oleh karena itu, lanjut Basli, kunjungan Konsuler Jepang tersebut dipandang sebagai sebuah kesempatan emas untuk membuka hubungan kerjasama antara Pemerintah Kepulauan Selayar dengan Perusahaan Jepang, khususnya dalam bidang ekonomi sektor perikanan dan investasi.

"Di daerah kami, terdapat banyak potensi yang bisa untuk dikembangkan lebih lanjut. Sektor-sektor seperti pertanian, perikanan, dan pariwisata, merupakan beberapa bidang yang memiliki peluang besar untuk dikerjasamakan," bebernya. 

Konsuler Jepang Oaishi Koichi sendiri mengungkapkan sangat terkesan dengan potensi perikanan yang di Kepulauan Selayar dan tertarik untuk menjalin kerjasama.

Kepada Bupati, Oaishi mengaku rencana tersebut sebelumnya juga sudah disampaikan ke Pj. Gubernur Sulsel Prof Zudan dan mendapat apresiasi.

"Potensi perikanan Selayar akan saya laporkan secara langsung ke pemerintah di Jepang," ujarnya. 

Hal serupa disampaikan Presiden Direktur AKI Marine Products, Ms. Aki Reiko, yang mengakui keunggulan Selayar dengan potensi perikanan yang melimpah.

"Potensi perikanan di Jepang saat ini sangat menurun, sedangkan Indonesia, khususnya Selayar memiliki Laut yang luas, pulau yang banyak dan tentu potensi di dalamnya juga melimpah," terangnya. 

Lanjut Aki Reiko, Jepang memiliki teknologi canggih yang bisa diajarkan kepada nelayan-nelayan di Kepulauan Selayar agar produksi yang dihasilkan lebih berkualitas dan memperoleh nilai yang tinggi. "Harap rencana kerjasama sama ini bisa secepatnya terwujud," tandasnya. 

Selain Aki Reiko, turut dalam rombongan Konsuler Jepang, Mr. Kino Hideki, Executive Director Kendo Management bergerak di Pengolahan Cumi, Mr. Kuzunuki Kenji, President Director PT. Kenndo Fisheries Indonesia (Pengolahan Gurita) dan Rahmawati Hidayah, PT Kiss Japan Indonesia. (Humas - IC)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Basli Ali Sebut Potensi Perikanan Kepulauan Selayar Tarik Minat Investor Jepang

Trending Now

Iklan