Iklan

NasDem Mendengar Bahas Pendidikan Gratis di Selayar

Media Selayar
Sabtu, 25 Mei 2024 | 13:02 WIB Last Updated 2024-05-25T05:02:03Z

Selayar NasDem

MEDIA SELAYAR
- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Kepulauan Selayar, menggelar diskusi Interaktif bertajuk “Nasdem Mendengar” yang dipusatkan di Warkop Tanadoang, Benteng, Jum’at (25/05) malam.

Diskusi interaktif dengan tema pendidikan gratis hingga perguruan tinggi ini, menjadi lebih menarik karena bertepatan dengan hangat-hangatnya polemik mahalnya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di banyak Kampus di Indonesia.

Diskusi Interaktif ini, dihadiri langsung oleh Ketua DPC Nasdem Selayar Ir. H. Ady Ansar, S.Hut. MM.Pub, IPM., dengan diikuti oleh Sejumlah Peserta diskusi dari Mahasiswa, Pemuda, NGO, Pers, Parpol dan Unsur lai

Nasdem Mendengar di Selayar ini, juga menghadirkan Rektor Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah (ITSBM) Selayar, Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS untuk menguatkan Tema diskusi “Pendidikan Gratis dari SD-Perguruan Tinggi” yang juga merupakan salah satu Program Strategis H. Ady Ansar, selaku Bakal Calon Bupati Kepulauan Selayar 2024. 

Dalam sambutannya Ady Ansar menyampaikan terima kasih Kepada seluruh  peserta Diskusi telah berkenan hadir, untuk membahas tema Pendidikan gratis, yang  menjadi salah satu program ketika ia terpilih menjadi Bupati.

“ Nanti kami akan membuat beberapa program dengan pendidikan gratis, berupa bantuan biaya pendidikan mengingat masih banyak sekali masyarakat selayar yang membutuhkan Pendidikan. Ada 2 (dua) Pemateri yaitu  Prof Akbar Silo dan Pak Aji Sumarno selaku mantan Kadis Diknas, untuk membedah program pendidikan gratis ini” kata H. Ady Ansar, membuka kegiatan.

Sementara itu, dalam materinya Prof Akbar Silo, memaparkan sejumlah alternatif kebijakan dan program yang dapat ditempuh untuk mewujudkan program tersebut.

“ Hal pertama yang harus dilakukan adalah buat dasar hukumnya Perda atau Perbup,  Pastikan masuk di RPJMD, hati-hati tumpang tindih regulasi lebih tinggi. Harus jelas skemanya, sumber biaya, Perguruan Tinggi tujuan dan win-win solutions,yaitu bahwa lulusan yang dibiayai bersedia kembali untuk membangun Selayar” kata Prof Akbar Silo.

Foto bersama usai pelaksanaan diskusi Interaktif bertajuk “Nasdem Mendengar” di Warkop Tanadoang Benteng, Jum’at (25/05) malam.

Selain itu untuk mewujudkan Program tersebut ada beberapa alternatif sumber pembiayaan yang dapat diperjuangkan yaitu APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten, DAU Desa.

“ Jadi Pak Ady Ansar saya ingatkan butuh sumberdaya besar untuk mewujudkan program ini. Tapi saya percaya dengan Jaringan dan kreatifitas Pak Ady, ini bukan program yang tidak masuk akal” katanya.

Menanggapi paparan yang disampaikan Prof. Akbar Silo, H. Ady Ansar tetap optimis program pendidikan Gratis yang diusungnya akan bisa diwujudkan.

“ Jadi apa yang dipaparkan Prof Akbar Silo tadi itu bagus sekali, tapi itu, hanya tambahan referensi dari rencana program yang telah disusun. Jadi yg dipaparkan adalah konsep secara teoritis, kerangka hukum dan sebagainya. Tapi kami politisi ini memang kadang punya ide yang tanda kutip agak nyeleneh, yang pasti prinsip dasarnya jika itu untuk kepentingan rakyat pasti kita lakukan” jelas Ady Ansar.

Pada kesempatan ini, juga hadir Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kepulauan Selayar Aji Sumarno, S.STP.,MM, yang juga menjadi Pemateri. Hal ini juga sesuai dengan latar belakangnya sebagai Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Selayar.

“ Meskipun secara regulasi Pemerintah Kabupaten hanya membawahi tingkat SD-SMP, sedangkan SMA/SMK Sederajat itu Pemprov. Namun fakta bahwa seluruh pelajar tersebut adalah anak-anak Selayar,  tinggal dan berasal dari  Selayar, maka tentu ada ruang bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan intervensi dukungan untuk Pendidikannya” kata Aji Sumarno.

Kehadiran Aji Sumarno di Kegiatan “Nasdem Mendengar” ini, secara Politis juga makin menguatkan  Koalisi Nasdem-PKB di Pilkada 2024 Kepulauan Selayar.

Kegiatan  ditutup dengan diskusi interaktif antara  Ady Ansar, Pemateri dan seluruh peserta Diskusi yang berlangsung alot. (Sumber : Selayar News). 

Ady Ansar


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • NasDem Mendengar Bahas Pendidikan Gratis di Selayar

Trending Now

Iklan