Iklan

Nama Besar TN. Takabonerate Tak Sebanding Kehidupan Warganya, Solar Nelayan Pun Susah

Media Selayar
Selasa, 14 November 2023 | 13:18 WIB Last Updated 2023-11-14T05:18:31Z

Selayar

MEDIA SELAYAR
- Nelayan di Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar kesulitan mendapatkan BBM jenis solar. Meliputi nelayan Pulau Jinato, Pulau Tambuna, Pulau Pasitallu, Rajuni, Latondu dan Tarupa.

Para nelayan resah karena kelangkaan solar terjadi di tengah cuaca yang mendukung untuk mencari hasil dilaut. Setidaknya dimusim teduh harapan menambah penghasilan keluarga terbuka luas, sayangnya karena solar sebagai bahan utama melaut kemudian susah didapatkan.

Terpantau sebagian besar nelayan terpaksa  tidak melaut akibat tidak mendapatkan solar kebutuhan melaut. Kalaupun ada harganya juga selangit hingga menembus angka 11 hingga 12 ribu rupiah perliter. Tidak sebanding dengan harga ikan saat ini yang murah. Akibatnya jika dipaksakan maka kerugian akan terus dirasakan. 

Menurut para nelayan, rata-rata solar yang mereka pakai bukan dari Selayar tapi dibawa oleh kapal-kapal es pembeli ikan dari Bulukumba, Bantaeng, Sinjai dan NTT. 

Ketersediaan solar yang dibawa kapal pembeli ikan juga sangat terbatas dan boleh dibilang tidak mencukupi. Berharap pasokan solar dari pusat Kabupaten Kepulauan Selayar tidak dapat diandalkan bahkan boleh dibilang tidak ada. 

Hal serupa juga terjadi disejumlah besar pulau-pulau di Takabonerate. Hal ini membuktikan bahwa nama besar Kawasan Taman Nasional Takabonerate yang didengung dengungkan tak sebanding dengan kondisi masyarakat yang mendiami pulau-pulau didalam kawasan taman nasional Talabonerate, yang diperkirakan 90 persen masih berada dibawah garis kemiskinan, dengan penghasilan minim yang hanya mengandalkan hasil melaut. 

Nelayan yang nekat melaut dengan minimnya pasokan solar hanya dapat melaut 4 mil dari bibir pantai dengan resiko mendapat sedikit tangkapan ikan.

Nelayan berharap pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan para wakil rakyat bisa sedikit peduli pada kehidupan dan kebutuhan melaut nelayan di seluruh pulau dalam kawasan Taman Nasional Takabonerate. 

" Ini mau pemilu lagi, pasti banyak lagi caleg datang minta suara kami dengan janji- janji. Kalau bisa solar mo dulu uruskan dan datangkan kasian, jangan mi dulu bagi-bagi beras atau bantuan dari desa untuk pilih caleg tertentu, atau bagi proyek proyek karena tim sukses ji yang senang, solar mo dulu jangan mi amplop jelas Anto, Senin (13/11/2023) di Takabonerate. (Tim). 

#Nelayan #Solar #BBM #Takabonerate #selayar #Sulsel #Rajuni #Tarupa #Tambuna #Latondu #Jinato #Pasitallu #Pemiu

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Nama Besar TN. Takabonerate Tak Sebanding Kehidupan Warganya, Solar Nelayan Pun Susah

Trending Now

Iklan