Iklan

Wabup Kep. Selayar Hadiri Rakornas Akselerasi Digitalisasi Daerah, Wapres RI Keynote Speaker

Selasa, 03 Oktober 2023 | 19:07 WIB Last Updated 2023-10-03T11:07:09Z


MEDIA SELAYAR.
Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Tahun 2023 dengan pembicara utama Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin, di Grand Sahid Jaya Hotel, Jln. Jend. Sudirman Jakarta, Selasa (3/10/2023) pagi.

Rakornas tersebut mengusung tema "Sinergi Nasional Akselerasi Digitalisasi Daerah untuk Indonesia Maju", dan dihadiri bebarapa Menteri dan Pejabat setingkat Lembaga Nasional, para Gubernur, Walikota dan Bupati se- Indonesia.

Wapres RI Ma'ruf Amin dalam arahannya antara lain menekankan meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bagus yakni 5 persen lebih, namun masih perlu dukungan sinergitas dan kolaborasi lintas Institusi untuk meningkatkan sampai ke angka 6 persen lebih. 

"Karena itu, perluasan dan percepatan digitalisasi dibutuhkan agar berimplikasi pada peningkatan dan percepatan transfaransi dan akuntabilitas serta kepercayaan publik," jelas Wapres Ma'ruf Amin. 

Dikatakan Ma'ruf Amin, kedepan kita masih perlu loncatan dalam upaya mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, seraya mengingatkan tupoksi beberapa Kementrian, serta pentingnya Pemda mempercepat rampungnya Regulasi terkait Pajak dan Retribusi daerah. 

"Beri insentif menarik Pemda yang berprestasi," kunci Wapres disambut tepuk tangan para pejabat daerah.

Untuk itu, Wakil Bupati Kepulauan Selayar langsung meminta Kabid Pendapatan, Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Selayar Ahmad Anshar, yang juga ikuti Rakornas tersebut untuk secepatnya melaksanakan Rapat Monev membicarakan percepatan dan perluasan Digitalisasi di Selayar. "Kita tak boleh ketinggalan," pesan Wabup pada Kabid.

Sementara itu, Sekjen Mendagri Suhadjar dalam pengantarnya menyatakan digitalisasi saat ini sudah membaik, namun masih perlu upaya untuk meningkatkan dan memperluasnya, karena itu perlu terus ditingkatkan sinergitas. Sebab, sekalipun transaksi non tunai makin membaik dalam membayar maupun dalam menerima, namun dia mengingatkan masih rendahnya aplikasi Kartu Kredit Pemerintah. 

Turut memberikan arahan, Mentri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Satgas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi, Erlangga Hartarto, Mentri Keuangan Sri Mulyani, dan Gubernur Bank Indonesia.

Rakornas diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" dilanjutkan dengan penayangan video perkembangan Digitalisasi Nasional, diakhiri dengan Lounching percepatan dan perluasan digitalisasi daerah serta penyerahan piagam penghargaan bagi pemda berprestasi, dan ditutup dengan doa oleh KH. Muhammad Hidayat. (SA). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabup Kep. Selayar Hadiri Rakornas Akselerasi Digitalisasi Daerah, Wapres RI Keynote Speaker

Trending Now

Iklan