Iklan

Personil Polsek Pasimarannu Ikut Meriahkan Pesta Adat Pa'ngaru di Desa Sambali

Sabtu, 30 September 2023 | 23:45 WIB Last Updated 2023-09-30T15:45:58Z


MEDIA SELAYAR.
Bripka Jaharuddin, Anggota Polsek Pasimarannu yang juga Bhabinkamtibmas Desa Sambali ikut memeriahkan Pesta Adat Tahunan Pa'ngaru yang digelar oleh Pemerintah dan Masyarakat Desa Sambali, Pulau Bonerate, Kecamatan Pasimarannu, Kepulauan Selayar, pada Jum'at (29/09/2023).

Bripka Jaharuddin tampil bersama dengan seorang warga setempat, dengan menampilkan kemampuannya dalam mempraktekkan gerakan A'manca. Penampilannya disambut hangat warga setempat, yang terus memberikan tepuk tangan dan sorak sepanjang peragaan. Beberapa diantaranya juga terpantau mengabadikan momen tersebut dengan merekamnya menggunakan Ponsel.

"Pak Jahar minta izin untuk tampil dengan warga dalam acara adat, saya izinkan karena memang beliau adalah Bhabinkamtibmas Desa Sambali dan juga sudah menjadi bagian dari Warga Desa. Ini juga agar masyarakat lebih dekat dan lebih akrab dengan Bhabinkamtibmasnya," kata Kapolsek Iptu Abd. Malik, kepada Pewarta, Sabtu (30/9/2033). 

Kegiatan Pesta Adat Tahunan Pa'ngaru tersebut dihadiri langsung Oleh Camat Pasimarannu Syamsil, S.Sos, Kapolsek Iptu Abd. Malik, Kepala Desa, para Anggota BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh pemuda dan para peserta Pa’ngaru serta ratusan Warga setempat tersebut. 

Untuk diketahui, pesta adat tahunan Pa'ngaru adalah tradisi tahunan di Desa Sambali dan beberapa desa lainnya yang ada di Kecamatan Pasimarannu. Para peserta Pa'ngaru wajib dikenal oleh warga desa dan sebelum tampil akan diisi (dibacakan mantra/do'a) oleh tetua adat. Peserta juga harus merupakan warga desa setempat dan bukan dari luar desa. 

Dalam atraksinya para peserta Pa'ngaru atau biasa  disebut "Pendekar", mengikuti tabuhan gendang  dan panduan para Tetua adat, akan mulai masuk gelanggang. Diikuti sorak gemuruh warga yang berbondong-bondong hadir meramaikan kegiatan tersebut. Mereka akan menampilkan kemampuan gerakan bela diri termasuk mencabut sajam jenis badik yang terselip dipinggang. Sambil melompat-lompat mengacungkan badik masing-masing, kemudian menggoreskan badik di sekitar tubuhnya dan uniknya tidak menyebabkan luka.

Pesta adat tahunan Pa’ngaru merupakan kearifan lokal di Kecamatan Pasimarannu (Pulau Bonerate) yang dilakukan untuk memupuk silaturahim antar warga Desa maupun dari Warga Desa lain. Bukan hanya atraksi dan peragaan, pada kegiatan ini warga akan menyiapkan Sajian yang  cukup melimpah dan dapat dinikmati oleh siapapun yang hadir. 

Menilik sejarah, konon tradisi ini berawal saat ditemukannya sumber mata air (sumur galian) pertama yang ada di Kampung Sambali. Sebelumnya air bersih sangat susah peroleh. Sehingga mereka bersukacita dan bergembira ria atas rezeki limpahan air bersih dari sang Pencipta melalui sumur tersebut, dengan melakukan pesta adat (Pa'ngaru) yang dilestarikan sampai saat ini. (Humas Polres)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Personil Polsek Pasimarannu Ikut Meriahkan Pesta Adat Pa'ngaru di Desa Sambali

Trending Now

Iklan