Iklan

Polisi dan Tim Medis Berikan Perawatan dan Sembako kepada Nelayan Hanyut Asal NTT di Pulau Kalaotoa

Rabu, 19 Juli 2023 | 14:19 WIB Last Updated 2023-07-19T08:40:46Z


MEDIA SELAYAR.
Personel Subsektor Pasilambena Polsek Pasimarannu menyerahkan bantuan berupa sembako dan pakaian kepada Tazkiel (36), warga Dusun Waturia, Desa Kolosia, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, NTT, korban hanyut saat melaut yang saat ini telah berada di Pulau Kalaotoa, Kecamatan Pasilambena, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. 

Bantuan tersebut diserahkan pada hari Minggu, 16 Juli 2023 lalu. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Medis Puskesmas Pasilambena. 

Dikonfirmasi, Kapospol Pasilambena Polsek Pasimarannu, Ipda. Sudirman, kepada Pewarta pada Rabu (19/7/2023) pagi, mengatakan kondisi korban saat ini sudah dalam keadaan baik. 

"Saya minta kepada anggota agar memberikan bantuan sembako dan pakaian layak pakai kepada korban untuk digunakan selama berada di Pulau Kalaotoa. Dan itu kami sudah lakukan pada hari Minggu kemarin", ucap Iptu. Sudirman. 

Dikatakan Iptu. Sudirman, bahwa saat berkunjung ke rumah tempat tinggal korban, personel Subsektor Pasilambena bersama-sama dengan pegawai Puskesmas Pasilambena. Sehingga, selain penyerahan bantuan, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Medis Puskesmas Pasilambena. 

Kapospol Pasilambena Polsek Pasimarannu, Ipda. Sudirman juga mengungkapkan bahwa hingga hari ini korban belum di jemput keluarganya, karena memang kondisi cuaca yang belum bersahabat.

"Informasi yang didapatkan, keluarga korban masih menunggu cuaca membaik. Juga di dapati informasi bahwa pemilik rumah yang ditempati sekarang oleh korban, masih ada hubungan keluarga dengan korban itu sendiri", jelas Ipda. Sudirman. 

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kepulauan Selayar Hj. Satmawati, S. Sos., M. AP, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihak Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar juga telah menyerahkan bantuan tanggap darurat bencana kepada Tazkiel, korban hanyut tersebut. 

"Bantuannya telah diserahkan secara simbolis oleh Pak Wabup H. Saiful Arif pada hari Senin, 17 Juli 2023 kemarin, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati dan diterima oleh pihak Pemerintah Desa Garaupa, Kecamatan Pasilambena", kata Kadis Sosial, Hj. Satmawati. 

Adapun bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Sosial, antara lain : Sandang Dewasa 2 Paket, Selimut 2 lembar, Tikar Matras 1 lembar, Family Kit 1 Paket, Makanan Siap Saji 30 Paket, Beras 20 Kg, Indomie 1 Dos, Air Mineral 2 kantong, Kasur 1 lembar. 

Dikonfirmasi terpisah, Pjs. Kepala Desa Garaupa Irwan Nawir mengatakan bahwa bantuan dari Dinas Sosial tersebut rencananya akan dikirim via Pelni pada Jumat atau Sabtu, tanggal 21 atau 22 Juli 2023 mendatang. 

"Sudah secara simbolis diserahkan. Kebetulan ada yangg wakili di Dinsos. Rencana dikirim via Pelni di trip Jumat/Sabtu ini", pungkas Irwan Nawir. 

Untuk diketahui, Tazkiel korban hanyut ini pergi melaut dengan perahu motor miliknya di sekitar perairan Watumanuk, Kabupaten Sikka, pada Senin (10/7/2023). Namun, saat hendak pulang melaut, perahu motor yang digunakannya mengalami mati mesin, akhirnya Ia terombang-ambing hingga sampai ke perairan antara Pulau Kalaotoa, Kecamatan Pasilambena dan Pulau Pasitallu, Kecamatan Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulsel. 

Disanalah ia ditemukan dan diselamatkan oleh nelayan asal Samboang, Bontotiro, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, saat melintas disekitar lokasi perahu yang digunakannya terombang-ambing, pada Jumat (14/7/2023) sore.

Kemudian, nelayan asal Bulukumba tersebut membawa korban hanyut tersebut ke Pulau Kalaotoa, tepatnya di Kawawu Desa Garaupa, Kecamatan Pasilambena. Hingga saat ini Tazkiel masih berada di Desa Garaupa dan sementara tinggal di rumah seorang warga bernama Andi Rahman. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polisi dan Tim Medis Berikan Perawatan dan Sembako kepada Nelayan Hanyut Asal NTT di Pulau Kalaotoa

Trending Now

Iklan