Iklan

Wabup Kepulauan Selayar Buka Resmi Pelatihan Digital Talent Scholarsip Tahun 2023

Jumat, 24 Februari 2023 | 18:37 WIB Last Updated 2023-02-25T10:33:38Z


MEDIA SELAYAR.
Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH., membuka resmi kegiatan Pelatihan Digital Talent Scholarsip (DTS), di Ruang Pola Kantor Bupati, Jum'at (24/2/2023). 

Pelatihan STS tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian  (BBPSDMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Digital Talent Scholarship adalah program beasiswa pelatihan talenta digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi Informasi.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi, sekaligus menciptakan SDM dan Pelaku UMKM yang handal guna mendukung transformasi digital menuju industri 4.0", kata Wabup Saiful Arif. 

Pembinaan UMKM merupakan kegiatan yang wajib secara terus menerus dilaksanakan, tak lain untuk menggerakkan lokomotif perekonomian khususnya di Kepulauan Selayar, tambah Saiful Arif. 

Oleh karena itu, Wabup Saiful Arif menaruh harapan besar agar kegiatan ini berdampak pada lahirnya pelaku usaha atau pengusaha milineal yang mampu berdaya saing secara global.

"UMKM naik kelas, ekonomi tancap gas", cetus Wabup Saiful Arif mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, mewakili Kepala BBPSDMP Kementerian Komunikasi dan Informatika Djunaidy Asfan mengatakan Pengembangan SDM unggul Indonesia penting dilakukan untuk menjawab revolusi industri 4.0.

"Ekonomi digital diera revolusi industry 4.0 ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi pelaku usaha", ucap Djunaidy. 

Oleh karena itu, melalui pelatihan DTS ini mendorong SDM dan Pelaku usaha untuk dapat bersaing dengan mengadopsi atau mengoptimalkan ide dan bisnisnya ke bisnis digital dengan penggunaan teknologi.

Diungkapkan, terdapat 3 akademi pelatihan DTS yang akan dilaksanakan dengan target peserta seluruhnya adalah 1.450 orang, yakni pertama Government Transformation Academy (GTA), yang memberikan pelatihan pengembangan kompetensi digital bagi ASN/Non ASN.

Kedua, Tematic Academy (TA), yang memberikan pelatihan bagi Guru/Tenaga Pendidik di Kabupaten Kepulauan Selayar. Selanjutnya, ketiga adalah Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA), yang memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo dan Pemkab Selayar dalam mengembangkan program pembangunan SDM bagi Pelaku/Industri UMKM, ASN, Tenaga Pengajar agar memiliki pengetahuan / keterampilan di bidang IT sehingga membantu dalam pekerjaan maupun berwirausaha secara digital

Usai ceremony pembukaan, acara dilanjutkan dengan paparan materi awal yang diisi oleh Kadis Disdagkumk Andi Abdurrahman, dan Kadis Kominfo yang diwakili Kabid Humas, informasi dan Komunikasi Publik Andi Sandra Esty Abriany. (Humas-IC) . 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabup Kepulauan Selayar Buka Resmi Pelatihan Digital Talent Scholarsip Tahun 2023

Trending Now

Iklan