Iklan

Kapolsek Takabonerate Pimpin Pencarian Nelayan Hilang Saat Melaut, Tim Basarnas Terhalang Cuaca Ekstrim

Media Selayar
Sabtu, 25 Februari 2023 | 17:56 WIB Last Updated 2023-02-25T09:56:40Z

selayar

MEDIA SELAYAR
- Pencarian terhadap dua nelayan Kampung Bajo, Desa Kayuadi Kecamatan Takabonerate hingga hari kedua hilangnya, Sabtu (25/2/2023) belum membuahkan hasil. Kedua nelayan adalah Anggu, (38)dan Nurhaling (41) dilaporkan hilang saat mencari ikan diperairan antara pulau Kauna dengan Pulau Panjang, pada hari Kamis (23/02). 

Kita sudah lakukan pencarian dua orang nelayan sejak Jum’at kemarin di sekitar Pulau Panjang hingga pulau-pulau terdekat yaitu Pasitallu, Jinato, perairan lambego hingga perairan Pulau Bonerate, serta menyisir tempat lain diperairan sekitar Pulau Kayuadi. Pencarian mengikuti arah angin dan arus yang diperkirakan mengarah, namun hasilnya masih tetap nihil, " jelas Ipda. Hasan, Kapolsek Takabonerate, Sabtu (25/2/2023).  Lokasi-lokasi tersebut merupakan tempat keduanya biasa melaut atau diperkirakan hanyut.

Dalam pencarian hari kedua, personil Polsek dibantu warga mengerahkan 4 buah armada pencarian. namun karena kurangnya biaya maka pencarian dilaksanakan dengan pembiayaan patungan untuk membeli bahan bakar. 

“Ada empat buah kapal jolor balapan dari Desa Kayuadi diturunkan hari ini untuk melakukan pencarian. bermodalkan solar dari hasil penggalangan dana dan bantuan sukarela warga, pihak keluarga kedua nelayan di pulau Pasitallu juga turun melakukan pencarian” kata Ipda Hasan.

Upaya pencarian mengalami kendala, berupa cuaca angin kencang serta bahan bakar jenis solar yang terbatas, pungkasnya. 

Keluarga nelayan yang hilang berharap agar ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk turun mengupayakan bantuan pencarian, termasuk harapan kepada pihak Basarnas” lanjutnya.

Sementara itu Komandan Basarnas Pos Selayar, Andi Raswan kepada Pewarta menjelaskan bahwa Personil Basarnas Pos Selayar telah melakukan persiapan untuk melaksanakan operasi SAR ke wilayah tersebut sejak Kamis. 

" Kami siap bergerak melaksanakan operasi SAR di perairan Pulau Jampea dan Pulau Kayuadi. Karena ada dua laporan yang masuk hampir bersamaan dan semua laporan orang hilang yang kami terima adalah nelayan. Upaya pencarian personil Basarnas Pos Selayar terhalang cuaca tak bersahabat, gelombang tinggi dan angin masih kencang diperairan, sehingga sangat beresiko tinggi bagi keselamatan personil " jelas Andi Raswan, Komandan Basarnas Pos Selayar. 

Dalam kondisi cuaca seperti ini, kami tetap akan berupaya tembus ke dua wilayah perairan untuk melaksanakan operasi, namun karena alutista yang kami miliki saat ini tidak mampu, maka kami menunggu cuaca reda atau menunggu perahu yang agak besar untuk mengantar kami melintas di perairan selatan Selayar menuju Pulau Kayuadi atau Pulau Jampea, jelasnya. 

Komandan Basarnas Pos Selayar juga telah melakukan komunikasi dengan Kapolsek Takabonerate yang saat ini sementara melakukan pencarian bersama warga. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolsek Takabonerate Pimpin Pencarian Nelayan Hilang Saat Melaut, Tim Basarnas Terhalang Cuaca Ekstrim

Trending Now

Iklan