Iklan

Ini Usulan Prioritas Warga di Musrenbang RKPD 2024 Kecamatan Taka Bonerate

Kamis, 09 Februari 2023 | 00:38 WIB Last Updated 2023-02-08T16:38:43Z


MEDIA SELAYAR.
Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024 tingkat Kecamatan Taka Bonerate berlangsung di Baruga Passalamaturukang, Kecamatan Taka Bonerate, Rabu (8/2/2023). 

Hadir dalam kegiatan ini pihak Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kepulauan Selayar, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Selayar Muhammad Ardi dan Awiluddin Sihak, Camat Taka Bonerate, para Kepala Desa dan BPD, Pendamping Desa, tim delegasi masing-masing Desa, dan undangan lainnya. 

Kegiatan musrenbang ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Perencanaan Perekonomian, Sumber Daya Alam dan Kewilayahan Bappelitbangda Andi Rumbiyah Manajai, S.P., M.M., dan membacakan sambutan Kepala Bappelitbangda Kepulauan Selayar Drs. H. Basok Lewa.

"Penyusunan rencana kegiatan pembangunan daerah, perlu disepakati tema pembangunan 2024 sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama tentang pedoman pembangunan tahun 2024. Mengacu pada sistem perencanaan pembangunan nasional, maka RKPD 2024 di haruskan merujuk pada dokumen-dokumen perencanaan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulsel terutama dilihat dari keterkaitan prioritas pembangunan, kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2024," ucap Andi Rumbiyah. 

Lanjutnya, berdasarkan RPJPD dan RPJMD Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2021-2026, maka tema pembangunan Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2024 adalah "Percepatan Investasi Sumber Daya Alam dan Pembangunan Infrastruktur Menuju Bandar Maritim". Dimana Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar pada tahun 2024 akan mengangkat 6 prioritas pembangunan dengan tujuan utama peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang inovatif, peningkatan pengolahan sumberdaya alam bernilai ekonomi berbasis potensi desa, pembangunan infrastruktur pendukung program strategis dan prioritas pada sub kawasan/sub sentra, peningkatan investasi sektor unggulan daerah, dan peningkatan derajat hidup manusia yang berkarakter, berbudaya dan bermartabat, serta peningkatan kualitas lingkungan hidup dan mitigasi bencana", ucap Andi Rumbiyah.

Pada kesempatan tersebut, juga disampaikan bahwa Peningkatan pendapatan asli daerah tahun 2022 target sebesar 65,33 Milyar, berdadsrkan nilai Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2022 jumlah Desa Mandiri sebanyak 3 Desa dan sudah mencapai target RPJMD tahun 2021-2026, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terus meningkat menuju angka 68,35 atau naik sebanyak 0,59 poin.

Sementara, pertumbuhan ekonomi mengalami perbaikan 4,02%, pendapatan per kapita pertahun meningkatkan dari tahun ke tahun mencapai Rp. 49,54 juta. Adanya penurunan gini rasio pada tahun 2020 menjadi 0,354, dan laju inflasi pada tahun 2022 pada angka 5,77 persen lebih rendah dari laju inflasi provinsi Sulawesi Selatan, tingkat pengangguran cukup rendah sebesar 1,49 persen dan terendah kelima dari 24 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan, serta tingkat kemiskinan kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2022 sebesar 12,24 persen atau hanya sekitar 16,74 ribu jiwa dan jika dibandingkan tahun 2021 sebesar 12,45 persen, ungkap Andi Rumbiyah.

"Pembangunan yang telah dilaksanakan bersama oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan seluruh lapisan masyarakat beserta stakeholder telah menunjukkan perubahan dan keberhasilan dari tahun ke tahun. Keberhasilan yang kita capai tidak lepas dari rahmat Allah SWT dan kerja keras serta kerjasama dari seluruh lapisan yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar", kata Andi Rumbiyah. 

Sebelumnya, Camat Taka Bonerate Andi Caco Amras, S.T., M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada 3 hal yang menjadi prioritas diantaranya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan jalan poros Bonelambere dan pemenuhan kebutuhan listrik.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa perwakilan desa di wilayah Kecamatan Taka Bonerate juga mengusulkan pembangunan tanggul atau pun rehabilitasi tanggul penahan ombak. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini Usulan Prioritas Warga di Musrenbang RKPD 2024 Kecamatan Taka Bonerate

Trending Now

Iklan