Iklan

Sekitar 20 Jam Terbawa Arus, KLM. Irsal Berhasil Lego Jangkar di Pulau Latondu

Kamis, 05 Januari 2023 | 05:36 WIB Last Updated 2023-01-04T21:50:38Z


MEDIA SELAYAR.
KLM. Irsal (24 GT) yang dikabarkan mengalami mati mesin, pada Rabu (4/1/2023), saat ini sudah berhasil merapat dan lego jangkar di Pulau Latondu, Desa Latondu, Kecamatan Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, pada Kamis (5/1/2022) dinihari. 

KLM. Irsal yang dinakhodai Musliadi, warga Dusun Tangnga-Tangnga, Desa Batang, Pulau Kayuadi tersebut, berhasil berlindung di Pulau Latondu, setelah sekitar 20 jam berputar-putar terbawa arus karena mengalami kerusakan gearbox pada mesin kapal. 

Aspar, keluarga Nakhoda KLM. Irsal mengatakan Musliadi bersama 3 ABK dan seorang penumpangnya saat ini sudah dalam posisi aman, dan sudah lego jangkar di Pulau Latondu. 

"Alhamdulillah, sekitar pukul 02.00 Wita lewat tadi mereka menginformasikan ke keluarga kalau sudah berhasil masuk ke Pulau Latondu. Mereka sudah lego jangkar, katanya Pak", kata Aspar, saat dikonfirmasi Pewarta, pada Kamis (5/1/2023) sekitar pukul 04.30 Wita. 

Aspar mengatakan jika KLM. Irsal berangkat dari Pelabuhan Pattumbukang pada Rabu (4/1/2023) sekitar pukul 04.00 Wita, tujuan Pulau Kalaotoa, Kecamatan Pasilambena, dengan memuat semen, sembako dan barang campuran. 

Namun, setelah sekitar 2 jam berlayar, kapal mengalami kerusakan pada gearbox mesin. Akhirnya nakhoda berusaha agar bisa sampai dan singgah di Pulau Kayuadi. Tapi, karena tetap tidak bisa tembus ke Pulau Kayuadi akibat cuaca buruk, angin kencang dan gelombang tinggi, sehingga kapal hanya bisa berputar-putar terbawa arus sampai ke Pulau Latondu. 

"Mereka masih di atas kapal. Tidak naik di daratan Pulau Latondu karena rencananya jam 10.00 Wita sebentar, mereka akan lanjut ke Pulau Rajuni. Di Pulau Rajuni, nakhoda dan ABK akan memperbaiki gearbox mesin kapalnya. Atau paling tidak jika ada pemilik kapal di Pulau Rajuni yang memiliki gearbox bekas, mereka akan meminta tolong untuk dipinjamkan atau dibelinya", jelas Aspar. 

Setelah ada informasi dari Nakhoda bahwa KLM. Irsal beserta ABK dan penumpangnya, sudah lego jangkar di Pulau Latondu, baru keluarga disini di Pulau Kayuadi merasa lega dan bersyukur, Pak. Alhamdulillah, tutup Aspar. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekitar 20 Jam Terbawa Arus, KLM. Irsal Berhasil Lego Jangkar di Pulau Latondu

Trending Now

Iklan