Iklan

Fenomena Perubahan Warna Air Laut Hijau dan Berbau Makin Meluas di Pantai Benteng Selayar

Media Selayar
Rabu, 18 Januari 2023 | 23:42 WIB Last Updated 2023-01-18T15:57:56Z


MEDIA SELAYAR
- Hingga pukul 18.00 Wita pada Rabu (18/1/2023), fenomena berubahnya warna air laut dibibir pantai Benteng dan Bontomanai, makin meluas hingga ke seputaran dermaga Benteng atau tepanya dipantai barat Benteng Kepulauan Selayar.

Jika sehari sebelumnya pada Selasa, air laut berubah warna hijau hanya terlihat di pantai Desa Parak hingga pantai Bonea Benteng Utara, maka Rabu sore hingga petang harinya sudah meluas ke arah selatan hingga dipantai Benteng. 

" Saya juga kaget karena sudah sampai mi di Benteng itu air laut hijau, padahal kemarin sampai tadi siang masih di Bonea saja, " jelas Kamaruddin, warga Benteng pada Rabu (18/1/2023) petang ditanggul sebelah barat Lapangan Pemuda. 

Belum lagi mengagetkan karena air laut hijau, kita juga diserang bau tak sedap dari arah pantai, jelasnya. 

Pada Rabu siang, ratusan warga terpantau ribuan ekor ikan mati di sepanjang pantai Appabatu hingga pantai Bonea. Dan sebagian warga yanga ada di pantai Metro malah ikut mengambil ikan dari lokasi tersebut. 

Petugas laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Selayar telah melakukan pengambilan sampel air laut dan ikan mati untuk diperiksa, namun hasil lab akan diketahui dua hingga tiga hari kedepan, jelas Jurana Ali, Kepala UPTD. Laboratotium Lingkungan Hidup Selayar. 

Sementara itu siaran pers Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, melalui H. Saiful Arif, Wakil Bupati menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak mengkomsumsi ikan-ikan yang diambil dilokasi tersebut.

"Mohon jangan dikomsumsi dulu, sebelum ada kepastian dari uji laboratorium bahwa ikan tersebut aman dan tidak berbahaya, ini sebagai bentuk langkah antisipasi" tegasnya. (R).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Fenomena Perubahan Warna Air Laut Hijau dan Berbau Makin Meluas di Pantai Benteng Selayar

Trending Now

Iklan