Iklan

Angin Kencang Rusak Ratusan Rumah Warga di Kepulauan Selayar

Media Selayar
Sabtu, 07 Januari 2023 | 14:00 WIB Last Updated 2023-01-07T06:12:22Z


MEDIA SELAYAR
– Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Kepulauan Selayar dalam sebulan terakhir menyebabkan sejumlah kerusakan di seluruh wilayah Kepulauan Selayar.  Bukan saja kerusakan infrastruktur umum namun juga menyebabkan kerusakan rumah-rumah warga diseluruh wilayah Kepulauan Selayar. 

Cuaca ekstrim berupa angin kencang dan gelombang tinggi air laut misalnya telah menyebabkan rusaknya ratusan meter tanggul pemecah ombak disejumlah wilayah dan merusak wilayah pemukiman warga, termasuk merusak rumah warga. 

" Angin kencang juga menyebabkan ratusan pohon tumbang dan sebagian diantaranya telah merusak rumah warga dan memutus jaringan kabel listrik di 6 wilayah kecamatan daratan. Di Kepulauan Selayar.  Kalau jumlah rumah rusak akibat angin kencang dan pohon tumbang  malah semakin bertambah karena cuaca masih sangat riskan, angin terus menerus menerjang dan secara cepat berubah-ubah, “ jelas  Andi Bahar Arsyad, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kepulauan Selayar

Data kerusakan masih terus diperbaharui, dan tim kami semuanya siaga dilapangan untuk membantu warga, jadi mohon bersabar untuk data lengkapnya, pasti kami sampaikan. Update data kerusakan akibat bencana angin kencang yang melanda Kabupaten Selayar, terus bergerak dan menunjukkan peningkatan dan kami terus mencatat, jumlah kerusakan rumah telah lebih seratus dan menghampiri angka 200an rumah rusak, itu belum termasuk infrastruktur, jelas Andi bahar. 

Kami juga membuka ruang pelaporan dari masyarakat  agar update informasi dari dampak kerusakan rumah dapat kami monitor secara luas. Hal ini sudah berjalan dan Tim BPBD Kepulauan Sellayar kami sebar diseluruh wilayah, jelas Andi Bahar. 

Catatan lain yang diterima Pewarta, saat ini terdata kerusakan terbanyak ada di Kecamatan Bontomatene, Keecamatan Buki dan Kecamatan Bontoharu, menyusul Kecamatan Bontomanai, Kecamatan Takabonerate, Kecamatan Benteng, Kecamatan Pasilambena, Kecamatan Pasimasunggu dan Kecamatan Pasimasunggu Timur. 

Hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah masih terus bergerak menyisir wilayah pesisir di semua wilayah kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Selayar. Selain melakukan pendataan kerusakan juga melakukan upaya antisipasi kejadian bencana akibat cuaca ekstrim yang masih terus menerjang. 

Pantauan Pewarta pada Sabtu (7/1/2023), kondisi cuaca agak membaik diperairan Kepulauan Selayar namun angin masih bertiup kencang. (Tim).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Angin Kencang Rusak Ratusan Rumah Warga di Kepulauan Selayar

Trending Now

Iklan