Iklan

RAPI Siap Bantu BPBD Tangani Bencana di Kepulauan Selayar

Sabtu, 31 Desember 2022 | 22:00 WIB Last Updated 2022-12-31T14:00:22Z


MEDIA SELAYAR.
Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 15 Kabupaten Kepulauan Selayar Daerah 24 Sulawesi Selatan, siap memberikan bantuan komunikasi (Bankom) kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Selayar. 

Hal ini dilakukan untuk memperlancar alur koordinasi dan komunikasi dalam menanggulangi bencana akibat cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar selama beberapa hari terakhir. 

Pengurus RAPI Selayar akan menurunkan segenap personilnya untuk membackup komunikasi via Frequency Two Meter Band melalui Radio Pancar Ulang (RPU) Puncak Desa Bontomarannu Kecamatan Bontomanai. Terlebih masih ada sejumlah wilayah di daratan Pulau Selayar yang mengalami blank spot sinyal seluler akibat cuaca ekstrem yang terus melanda Kabupaten Kepulauan Selayar dan sekitarnya. 

Hal ini diungkapkan oleh Ketua RAPI Wilayah 15 Kabupaten Kepulauan Selayar Ir. Muh. Yunan Krg. Tompobulu, ST. MT., IPM pemilik call sign JZ24AXV saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (31/12/2022). 

Bupati Kepulauan Selayar juga kata Muh. Yunan telah mengeluarkan pernyataan status darurat bencana dalam masa tanggap darurat mulai tanggal 24 Desember 2022 sampai dengan 12 Januari 2023.

Muh. Yunan mengatakan BPBD telah melakukan permintaan kepada RAPI untuk dapat memberikan Bantuan Komunikasi dan permintaan personil untuk posko bersama tim terpadu lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Menyikapi hal tersebut, Muh. Yunan menyatakan kesiapannya menurunkan personilnya untuk Bankom back up penanganan bencana, sesuai dengan apa yang menjadi tugas inti dari Organisasi RAPI. Selain Bankom, Muh. Yunan menuturkan bahwa ia juga akan melibatkan anggotanya dalam giat bakti sosial bersama-sama dengan tim terpadu menanggulangi bencana di wilayah daratan Pulau Selayar. 

"Kami tinggal menunggu aba-aba dari BPBD Selayar kapan posko dimulai, Insya Allah kami siap," pungkasnya. 

Dikemukakan, untuk memperlancar Bantuan Komunikasi, RPU Puncak telah dilengkapi catu daya Solar cell agar RPU bisa berfungsi 24 jam meskipun terjadi pemadaman dari PLN. 

"Alhamdulillah kita sudah pasang solar cell, jadi meski terjadi pemadaman di Puncak, RPU masih tetap bisa beroperasi 24 jam. Berdoa saja mudah-mudahan cuaca segera bersahabat," jelas Muh. Yunan penuh semangat. 

Sebagai informasi, saat ini anggota RAPI Selayar juga sementara melakukan Bankom Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan melakukan posko di Terminal Pelabuhan Benteng. 

Dari pantauan media ini, cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kepulauan Selayar seperti hujan, angin kencang dan gelombang tinggi telah menimbulkan banyak bencana seperti pohon tumbang yang merusak banyak jaringan listrik PLN, dan rumah-rumah warga, hingga tersendatnya distribusi air PDAM ke rumah-rumah pelanggan, bahkan di sejumlah kecamatan terjadi blank spot jaringan seluler. 

Selain itu, intensitas hujan yang cukup tinggi menyebabkan terjadinya jembatan ambruk di Desa Patilereng Kecamatan Bontosikuyu. 

Sementara gelombang tinggi menyebabkan terjadi banjir rob, tanggul jebol yang mengikis sejumlah ruas jalan protokol. (KT2). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RAPI Siap Bantu BPBD Tangani Bencana di Kepulauan Selayar

Trending Now

Iklan