Iklan

Polisi dan Tentara di Selayar Lakukan Pencarian Terhadap 6 Awak KLM Kasman Indah 06

Selasa, 27 Desember 2022 | 21:27 WIB Last Updated 2022-12-27T13:48:19Z


MEDIA SELAYAR. Personel Polsek Pasimarannu bersama Personel Koramil 1415-03/Pasimarannu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, melakukan upaya pencarian terhadap 6 orang korban tenggelamnya KLM Kasman Indah 06 yang belum ditemukan, pada Selasa (27/12).

Adapun korban yang belum ditemukan yaitu Sido (Nahkoda), Saleh, Sero, Rahul, I'ba, dan Hendri. 

Kapolsek Pasimarannu Iptu Abdul Malik mengatakan pencarian dilakukan menggunakan kapal jolloro dengan mulai menyisir perairan Pulau Kalao hingga perairan Pulau Kayu Panga, Kecamatan Pasimarannu.

Setelah melakukan pencarian selama kurang lebih 3 jam, Tim SAR belum menemukan tanda-tanda keberadaan para korban, dan terpaksa menghentikan pencarian.

"Karena cuaca yang sudah mulai ekstrem, dan atas pertimbangan keamanan dan keselamatan, Tim memutuskan untuk kembali ke daratan Pulau Bonerate", ucap Kapolsek Pasimarannu Iptu Abd. Malik. 

Iptu Abdul Malik menyampaikan jika Tim yang turun melakukan pencarian, masing-masing bernama Bripka Jaharuddin, Brigpol Rahmad Ami dan Briptu Kemal, serta personel Koramil 1415-03/Pasimarannu.

Diberitakan sebelumnya, KLM Kasman Indah 06 dengan 11 orang awak kapal, berangkat dari Pelabuhan Reok, Nusa Tenggara Timur pada hari Jum'at tanggal 23 Desember 2022 sekitar pukul 14.00 wita, dengan tujuan Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. 

Diketahui, KLM Kasman Indah 06 berangkat dari Pelabuhan Reok, NTT tujuan Kabupaten Jeneponto dengan memuat ternak sebanyak 124 Ekor terdiri dari  Kuda sebanyak 30 ekor, Kerbau sebanyak 44 ekor dan Kambing sebanyak 50 ekor.

Namun, saat melintas di perairan sebelah barat Pulau Bembe Desa Tanamalala Kecamatan Pasimasunggu, pada hari Sabtu, 24 Desember 2022 sekitar pukul 04.00 Wita, KLM Kasman Indah 06 dihantam ombak besar disertai angin kencang yang menyebabkan lambung kapal bocor sehingga kapal tenggelam.

Dari 11 awak kapal, sebanyak 5 awak KLM Kasman Indah 06 ditemukan terdampar oleh warga di Pantai Lagundi, Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (25/12). 

Kelima awak tersebut masing-masing bernama Tison (KKM), Aripuddin, Sahrang, Daeng Tanga dan Rani. 

Iptu Abdul Malik menuturkan 5 Korban selamat hingga saat ini masih berada di Mapolsek Pasimarannu menunggu cuaca membaik, untuk selanjutnya akan diberangkatkan menuju Daratan Selayar.

"Alhamdulillah kelimanya dalam keadaan sehat dan masih ditampung di Asrama Polsek sambil menunggu tumpangan untuk di antar ke Selayar" tutup Kapolsek Pasimarannu Iptu Abdul Malik. (Humas Polres/Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polisi dan Tentara di Selayar Lakukan Pencarian Terhadap 6 Awak KLM Kasman Indah 06

Trending Now

Iklan