Iklan

HMI FKG Unhas Gelar Pemeriksaan Gigi Gratis Selama 3 Hari di Selayar

Selasa, 09 Agustus 2022 | 01:33 WIB Last Updated 2022-08-08T17:46:08Z


MEDIA SELAYAR.
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin Cabang Makassar Timur akan menggelar kerja sosial di 6 kecamatan daratan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. 

Kegiatan kerja sosial tersebut akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 9 - 11 Agustus 2022, dengan mengusung tema "Maeki Sikamaseang Na Samaturu Wujudkan Senyum Sehat Dengan Bakti Nyata HMI di Bumi Tanadoang".

Adapun beberapa jenis kegiatan yang akan dilaksanakan dalam kerja sosial tersebut antara lain : penyuluhan, pengobatan dan pembersihan karang gigi.

Ketua panitia Muhammad Arif Aryadifa dalam laporannya menyampaikan bahwa sebanyak 108 tim dari HMI Komisariat Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin Cabang Makassar Timur, akan disebar di 9 posko inap di enam kecamatan daratan Kepulauan Selayar. 

"Kehadiran HMI FKG Unhas di Bumi Tanadoang adalah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan akan melayani masyarakat dengan target minimal 1000 pasien," ucap Arif Aryadifa saat pembukaan serimonial kerja sosial HMI FKG Ungas di Aula Pendopo Rujab Bupati lama, Senin (8/8).

Sementara itu, Ketua HMI Komisariat FKG Unhas M. Fadlan Faisal T. Syarkawi menyampaikan hormat dan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya atas sumbangsih dan konstribusi pemerintah daerah serta atas atensinya yang luar biasa menyambut kedatangan ratusan mahasiswa Islam di Selayar.

"Kegiatan kerja sosial ini merupakan program rutin yang telah direncanakan jauh hari sebelumnya oleh Komisariat sebagai bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi. Kemudian memilih Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai sasaran dalam kegiatan tersebut", kata M. Fadlan. 

Semoga kehadiran HMI di tengah - tengah masyarakat Selayar selama kurang lebih 3 hari kerja dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya pada persoalan kesehatan gigi dan mulut, lanjutnya. 

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Korps Alumni Himpunan mahasiswa Islam (KAHMI) Kepulauan Selayar. Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris KAHMI Muhammad Arsyad. 

"Sebagai kader HMI tentu kami sangat apresiatif dan bersyukur menjadikan Selayar sebagai wilayah kerja. Kehadiran adek - adek HMI akan sangat membantu masyarakat Selayar," ujarnya. 

Olehnya itu, atas nama KAHMI dan mewakili Ketua yakni Dr. Marjani Sultan yang saat ini telah dipindahtugaskan ke Provinsi merespon positif kegiatan mahasiswa Islam Fakultas kedokteran gigi Unhas. Hal ini dibuktikan dengan mengawali proses sejak awal oleh teman KAHMI Muda hingga hari ini dapat terlaksana dengan baik.

"Tentu kami apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, terutama untuk pemerintah daerah yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Sinergitasnya ini membuktikan Pemda cukup maksimal sebagai tuan rumah," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif menyambut baik kedatangan 108 tim dari Himpunan Mahasiswa Islam Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin. 

"Sejak awal mahasiswa HMI kedokteran Gigi ini datang bermaksud melakukan kegiatan, saya memimpin langsung kegiatan ini karena saya pun bagian dari pada HMI," ungkap H. Saiful Arif.

Ia pun bernostalgia saat awal berproses dalam organisasi tertua yang didirikan oleh Lafran Pane ini pada tanggal 14 Rabiul Awal 1366 H bertepatan dengan tanggal 5 Februari 1947. Sejak mulai ikut Basic Training hingga menjadi Ketua komisariat Fakultas Hukum UGM Jogjakarta  kemudian pindah menjadi Ketua Badan Komunikasi Pemuda Mesjid Indonesia di Jogjakarta.

"Jadi itu sebabnya saya harus mengambil alih memimpin kegiatan ini karena bagian juga dari kader HMI. Terima kasih tak terhingga atas kehadirannya di Kepulauan Selayar. Mudah mudahan ini bukan yang terakhir diadakan di HMI," kata Wakil Bupati Kepulauan Selayar.

Lebih lanjut, Saiful Arif mengatakan bahwa kesehatan Gigi dan mulut di Selayar masih perlu mendapatkan perhatian serius. Terlepas dari persepsi masyarakat terhadap kesehatan gigi masih sangat buruk. Olehnya itu, perlu upaya promotif, preventif dan penyuluhan langsung ke masyarakat. 

Sehingga dengan hadirnya mahasiswa kedokteran gigi di Bumi Tanadoang untuk melakukan kerja sosial ini diharap mampu menjadi salah satu komponen untuk terwujudnya kesehatan gigi dan mulut di Selayar. 

"Persoalan kesehatan juga sangat berkaitan erat dengan pariwisata yang menjadi visi utama kita. Maka atas nama pak bupati dan Pemda, dengn jiwa HMI tentu telah sepenuhnya berupaya memberikan yang terbaik dengan memfasilitasi segala proses dan kelancaran kegiatan ini. Mudah-mudahan segala kekurangan dapat dimaklumi," ujar Saiful Arif. 

Semakin besar tantangan yang kita hadapi akan semakin besar nilai kualitas kader. Jadi kalau pun dalam kegiatan ini banyak tantangan dan kendala maka disitulah diuji kualitas kekaderan kita, kunci Saiful Arif mengakhiri sambutannya sekaligus membuka kegiatan Kerja Sosial HMI FKG UNHAS.

Usai kegiatan serimonial itu berlangsung, dilakukan foto bersama. Turut hadir para Asisten Setda, Kepala OPD, Unsur pengurus KAHMI Selayar, Pengurus PDGI Cabang Selayar, para camat dan beberapa kepala puskesmas.

Selanjutnya ratusan mahasiswa ini akan disebar ke posko nginapnya masing-masing di setiap Kecamatan. Kemudian akan mulai bekerja mulai Selasa hingga Kamis. (*). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HMI FKG Unhas Gelar Pemeriksaan Gigi Gratis Selama 3 Hari di Selayar

Trending Now

Iklan