Iklan

Tagana Dinsos Kepulauan Selayar Siap Fasilitasi Pemulangan Penumpang KM. Sumber Surya

Kamis, 28 Juli 2022 | 15:26 WIB Last Updated 2022-07-28T07:26:06Z


MEDIA SELAYAR.
Tim Tagana Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar menerima korban dan siap memfasilitasi pemulangan penumpang kapal KM. Sumber Surya. 

"Sekitar pukul 08.32 Wita seluruh kondisi sudah terkendali, korban KM. Sumber Surya berhasil dievakuasi oleh Basarnas tiba di pelabuhan Appatanah dan sekaligus diberangkatkan ke Dinas Sosial untuk penanggulan tanggap darurat", jelas penyuluh sosial Patta Raja yang juga sebagai perwakilan Dinas Sosial, pada Kamis (28/7) siang.

Patta Raja mengatakan, Dinas Sosial telah menerima korban dan siap memfasilitasi pemulangan korban. Jumlab korban yang berada diatas kapal KM. Sumber Surya sebanyak 27 orang, lanjutnya. 

Patta Raja menjelaskan jika KM. Sumber Surya sempat melakukan panggilan darurat untuk meminta pertolongan. Beruntung panggilan darurat itu direspons dan disampaikan ke Basarnas Pos Selayar dan Tim Tagana Kabupaten Kepulauan Selayar dan ditindak lanjuti sekaligus melakukan pencarian dan evakuasi korban menuju Appatanah

Selanjutnya, pada pukul 06.46  WITA, Tim Basarnas dan Tim Tagana yang keluar melakukan pencarian berhasil menemukan lokasi kapalcdalam kondisi mesin treble dibelakang Pulau Bahuluang. Kondisi arus gelombang air laut cukup kencang dengan ketinggian ombak berkisar 0,5 hingga 1 meter, kata Patta Raja. 

Diwaktu yang bersamaan, KM. Banawa Nusantara 90 yang dinakhodai (Capt) Agus Salim juga turun melakukan evakuasi terhadap KLM Sumber Surya yang mengalami mati mesin di perairan sebelah barat Pulau Tambolongan tersebut. 

KM. Banawa Nusantara ikut membantu tim Basarnas dan Tagana untuk melakukan pertolongan. KM. Banawa Nusantara sampai di lokasi sekitar pukul. 04.00 wita, tapi karena gelombang tinggi sehingga kapal baru bisa ditarik pukul 06.00 wita. 

Selanjutnya KM. Sumber Surya ditarik ke perairan sebelah barat Pulau Bahuluang untuk mengevakuasi penumpang dan dipindahkan ke kapal tim Basarnas Selayar.

"Setelah penumpang kami turunkan ke tim Basarnas, KM. Sumber Surya kami tarik ke pelabuhan Padang Selayar," kata Agus Salim. 

Atas upaya Tim SAR di Kepulauan Selayar, semua penumpang dan kru kapal KM. Sumber Surya berhasil dievakuasi dan saat ini mereka telah berada di Kota Benteng, Ibukota Kepulauan Selayar. (Tim/KT2). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tagana Dinsos Kepulauan Selayar Siap Fasilitasi Pemulangan Penumpang KM. Sumber Surya

Trending Now

Iklan