Iklan

Jokowi Kirim Sapi Kurban Untuk Masyarakat Kepulauan Selayar

Media Selayar
Minggu, 03 Juli 2022 | 20:08 WIB Last Updated 2022-07-03T12:08:32Z


MEDIA SELAYAR
- Presiden Jokowi menyiapkan seekor sapi kurban untuk masyarakat Kepulauan Selayar, hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Sulsel Andi Iqbal Najamuddin.

Ia menuturkan, bahwa bantuan sapi kurban orang nomor satu di Indonesia itu akan disalurkan langsung ke Kabupaten Kepuluan Selayar. Hal itu diperuntukkan sesuai giliran tiap tahunnya. 

"Benar, jadi Insya Allah tahun ini yang dapat giliran itu Selayar," ungkap Iqbal Najamuddin saat dimintai konfirmasi, Senin 27 Juni 2022. Dia menjelaskan, bahwa data yang diterima dari Biro Kesra Setda Sulsel telah disebutkan rekomendasi sapi kurban Presiden Jokowi itu didatangkan dari Kabupaten Bone, Sulsel. Adapun jenis sapi itu yakni Limosin dengan berat 1 ton dan harga Rp77 juta.

"Itu sesuai dengan permintaan bapak Presiden. Sapi kurbannya sesuai dengan Presiden Jokowi, yang didatangkan dari Bone itu sapi," kata Iqbal.

Ia juga menyebut, jika nanti penerima bantuan kemasyarakatan Presiden berupa sapi kurban itu akan diperuntukkan ke masyarakat di sekitar Masjid Agung Al-Umaraini, Kecamatan Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. Menurutnya, bahwa bantuan sapi kurban tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Kepala Sekretariat Presiden RI. 

"Memang itu tindak lanjut dari pusat. Dan arahan Pak Gubernur kita juga kalau tahun ini untuk ke Kabupaten Selayar," ungkapnya 

Iqbal mengungkapkan bahwa sapi kurban bantuan Jokowi itu akan dikirim ke Selayar paling lambat tiga hari menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 1443 H/2022 M. Dia pun menyebut, jika sapi rekomendasi yang merupakan bantuan Presiden Jokowi itu telah dipersiapkan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel.

"Jadi kalau untuk sapinya itu nanti sudah diurus sama Dinas Peternakan Sulsel. Kemudian mereka bawa ke Selayar tiga hari sebelum lebaran," pungkasnya Iqbal. 

Untuk diketahui, Pemerintah telah memperketat keluar masuk hewan kurban di Sulsel demi mencegah antisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) jelang Idul Adha. Saat ini, Pemprov Sulsel mencatat sebanyak 72.556 ekor hewan kurban, baik sapi maupun kambing yang disiapkan tahun ini. Stok ketersediaan sapi kurban itu disebut tergolong aman. 

Meski jumlah kebutuhan meningkat dibanding tahun lalu dengan asumsi jumlah hewan kurban yang disembelih tahun 2021 sebanyak 40.892 ekor. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jokowi Kirim Sapi Kurban Untuk Masyarakat Kepulauan Selayar

Trending Now

Iklan