Iklan

Buka Pelatihan TPK Desa di Bontomatene, Saiful Arif : Ini Langkah Pelopor, Kecamatan Lain Perlu Ikuti

Selasa, 19 Juli 2022 | 14:18 WIB Last Updated 2022-07-19T06:18:25Z


MEDIA SELAYAR.
Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH., membuka secara resmi kegiatan Pelatihan penguatan dan Peningkatan Kapasitas Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa se Kecamatan Bontomatene, bertempat di Objek Wisata Opu Karajeng, Desa Barat Lambongan, pada Senin (18/7). 

Kegiatan pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh Camat Bontomatene Drs. H. Nadeng bersama staf, Para Kepala Desa, TAPM Kepulauan Selayar Muh. Ikbal, Tim Pendamping Desa Kecamatan Bontomatene, dan peserta perwakilan dari seluruh Desa di Kecamatan Bontomatene. 

Diketahui, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas TPK ini direncanakan dan dilaksanakan sendiri oleh Pemerintah Desa melalui Badan Kerjasama Antar Desa di Kecamatan Bontomatene. 

Dikonfirmasi usai membuka kegiatan, Wabup Kepulauan Selayar Saiful Arif, kepada mediaselayar.com mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan pelatihan peningkatan kapasitas TPK Desa ini. 

"Pemerintah Desa adalah pemerintah paling bawah yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Karena itu, TPKnya adalah pelaksana pembangunan yang harus diberdayakan, ditingkatkan kapasitas dan kapabilitasnya untuk mengelola anggaran", ucap Saiful Arif. 

Sehingga, anggaran ini tepat dalam data, tepat perencanaan, dan tepat pelaksanaan yang akhirnya kemudian tepat pula pada sasaran, lanjutnya. 

Wakil Bupati Kepulauan Selayar berharap kegiatan ini menjadi langkah pelopor yang perlu diikuti oleh kecamatan lain di Kepulauan Selayar. Karena, menurut Saiful Arif, paling tidak ada 3 (tiga) tugas pemerintah yang wajib terpenuhi yakni Pembangunan, Pelayanan dan Pemberdayaan. 

Betapa pun kayanya potensi Sumber Daya Alam (SDA) kita, tapi Sumber Daya Manusia (SDM) kita tidak berdaya, maka itu tidak bisa dirasakan manfaat optimalnya oleh masyarakat, tutur Saiful Arif. 

Melalui kesempatan itu, Saiful Arif juga mengingatkan bahwa sekecil apapun rupiah yang diamanahkan oleh negara dan daerah kepada kita, harus dirasakan manfaatnya seoptimal mungkin oleh rakyat. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua komponen, melalui Pemerintah Kecamatan, Pak Desa, Ketua dan anggota BPD, Pendamping Desa dan seluruh perangkat Desa, yang mendukung kegiatan ini", kata Saiful Arif. 

Kepada seluruh peserta, saya berharap supaya mengikuti kegiatan ini dengan sepenuh hati, sepenuh jiwa, dan sepenuh waktu sehingga tercapai tujuannya PKS, bertambah Pengetahuannya, meningkat Keterampilannya, dan berubah Sikapnya, pungkas Wabup Kepulauan Selayar Saiful Arif. (Afd).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Buka Pelatihan TPK Desa di Bontomatene, Saiful Arif : Ini Langkah Pelopor, Kecamatan Lain Perlu Ikuti

Trending Now

Iklan