Iklan

KM. Mitra Lautan Berhasil Dievakuasi ke Pelabuhan Pattumbukang

Kamis, 27 Januari 2022 | 06:24 WIB Last Updated 2022-01-26T22:24:24Z


MEDIA SELAYAR.
Perahu Nelayan KM. Mitra Lautan yang berlayar dari pelabuhan Pattumbukang tujuan pelabuhan Bira Kabupaten Bulukumba yang sempat dilaporkan mengalami mati mesin di perairan sebelah timur pulau Selayar, pada Rabu (26/1) pukul 15.47 Wita, berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh tim gabungan menuju pelabuhan Pattumbukang.


Menggunakan KM. Banawa Nusantara tim gabungan dari Tagana, Dinas Perhubungan dan personil Polairud Polres Kepulauan Selayar berhasil menemukan perahu KM. Mitra Lautan beserta tiga orang ABK yang berada diatas kapal tersebut, sekitar 8 Mil dari pelabuhan Pattumbukang.


Agus Salim nahkoda KM. Banawa Nusantara kepada awak media, pada Kamis (27/1) pagi mengatakan setelah mengetahui titik koordinat yang dimaksudkan, kami bersama tim gabungan  langsung bergerak menuju lokasi tersebut, pada pukul 21.17 Wita.


"Kami berhasil menemukan KM. Mitra Lautan bersama tiga orang awak kapal sekitar pukul 23.38 Wita, setelah melakukan pencarian kurang lebih 2 jam. Kemudian kami mengevakuasi perahu KM. Mitra Lautan sampai ke pelabuhan Pattumbukang, sekitar pukul 01.45 Wita dengan cara menariknya," ucap Agus Salim.


Sedangkan, Nurwan nahkoda KM. Mitra Lautan menceritakan awal mula sampai perahunya mengalami mati mesin dan terombang ambing selama depalan jam dilaut dibagian sebelah timur pulau Selayar.


"Sekitar 30 menit setelah perahu kami brangkat dari pelabuhan Pattumbukang menuju pelabuhan Bira Kabupaten Bulukumba, tiba-tiba keluar asap hitam tebal dari ruang mesin. Jadi saya undur gas dan mengecek langsung mesin, pas saya cek kebawah tiba-tiba ada suara ledakan dalam mesin, tapi tidak sampai menimbulkan kerusakan pada badan kapal. Setelah itu mesin mati total dan tidak bisa dinyalakan kembali," ungkap Nurwan.


Ia juga mengucapkan terima kasih kepada tim gabungan yang telah menolongnya, khususnya pada crew KM. Banawa Nusantara, Amatir Radio Selayar dan tim Tagana serta Dinas Perhubungan dan personil Polairud Polres Kepulauan Selayar. (Tim).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KM. Mitra Lautan Berhasil Dievakuasi ke Pelabuhan Pattumbukang

Trending Now

Iklan