MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Jelang Imlek Harga Ikan Hidup Menggiurkan, Namun Resiko Melaut Juga Tinggi
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar

    Jelang Imlek Harga Ikan Hidup Menggiurkan, Namun Resiko Melaut Juga Tinggi

    Media Selayar
    Kamis, 13 Januari 2022, 11:33 WIB Last Updated 2022-01-13T03:37:24Z


    MEDIA SELAYAR
    - Hampir setiap tahun dimana saat menjelang atau setelah imlek harga ikan hidup dan ikan es melonjak naik hingga 30-50 %. 


    Terutama ikan-ikan yang dipasarkan dalam kondisi hidup seperti ikan kerapu jenis Janpan, Saising, Tungsing, Macan, Karet hitam, Karet merah dan Napoleon. 


    Meningkatnya harga ikan di bulan Desember, Januari hingga Akhir Februari setiap tahunnya merupakan berkah terhadap nelayan-nelayan kecil di Kab Kep Selayar, semangat nelayan untuk melaut juga akan ikut terpicu. 


    Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kondisi cuaca disaat musim harga ikan lagi naik selalu sering dengan kondisi ombak dan angin kencang seperti halnya kondisi cuaca di bulan Desember, Januari dan Februari (extrime), sehingga resiko kecelakaan saat melaut pun akan semakin tinggi. 


    Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak nelayan yang mengalami kecelakaan kerja di musim seperti saat ini, selain kapal nelayan hanyut dan tenggelam, tidak sedikit pula nelayan kita yang mengalami kecelakaan kerja dalam melakukan penangkapan ikan yang membuat nelayan kita lumpuh bahkan meninggal dunia. 

     

    Perbandingan antara kecelakaan kerja nelayan  saat melaut pada bulan Desember, Januari dan Februari cenderung lebih tinggi dibandingkan kecelakaan kerja nelayan pada bulan Maret, April sampai Oktober dalam setiap tahunnya.(Baim).



    ( Penulis Adalah Aktivis Pemerhati Lingkungan :  Selamat tahun baru Imlek Mas.!! Semoga dapat ngumpul cuan yang lebih banyak. )

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru