Iklan

Begini Perjuangan Personil Brimob Polda Sulsel Bantu Korban Gempa di Pulau Bonerate Selayar

Minggu, 19 Desember 2021 | 20:07 WIB Last Updated 2021-12-19T12:07:10Z


MEDIA SELAYAR.
1 (Satu) SSK personil Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulawesi Selatan langsung bergerak menuju ke lokasi terdampak gempa di Kecamatan Pasimarannu dan Pasilambena, Kabupaten Kepulauan Selayar, sejak dilepas oleh Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Nana Sudjana di Mapolda Sulsel, pada Jum'at, (17/12). 


Pemberangkatan 1 SSK personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, yang berjumlah sebanyak 50 orang ini, dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S. Sos.


Diketahui, pemberangkatan 1 SSK personel Brimob Bone ke Kabupaten Kepulauan Selayar, dalam rangka menjalankan misi kemanusiaan membantu warga korban gempa dan percepatan pemulihan kondisi di Kecamatan Pasimarannu dan Pasilambena pasca gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter yang berpusat di Laut Flores, 112 Km barat laut Larantuka, NTT, yang terjadi pada Selasa, 14 Desember 2021 lalu. 


Namun demikian, untuk menjangkau wilayah terdampak gempa yang terletak di kecamatan terluar Kabupaten Kepulauan Selayar tersebut, personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel harus berjuang menempuh perjalanan darat dan laut sejauh ratusan kilometer dengan waktu tempuh selama 2 hari 2 malam untuk tiba di lokasi.


Berangkat dari Kabupaten Bone pada Jumat (17/12) sore, para personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel ini baru tiba di Pulau Bonerate, Kecamatan Pasimarannu, pada Minggu, (19/12) pagi. 


Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, S. Sos., saat ditemui Pewarta, pada (19/12) pagi, menceritakan pengalaman selama perjalanan mereka hingga tiba di lokasi dampak di Pulau Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar. 


"Sebelum berangkat dari Mako Brimob Bone, kami lakukan ploting personel menjadi 2 kelompok untuk menempati 2 kecamatan terdampak gempa yaitu Pasimarannu dan Pasilambena", ucap Kompol Nur Ichsan. 


Setelah itu, mereka langsung bergerak ke pelabuhan Bira, Bulukumba. 


"Tiba di pelabuhan penyeberangan Bira, para personil langsung memindahkan ribuan paket logistik dari mobil truk ke atas kapal KMP Balibo yang akan tumpangi", kata Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan. 


Selanjutnya, kapal berangkat meninggalkan Tanjung Bira, sekitar pukul 00.00 Wita, tambahnya. 


"Setelah menempuh perjalanan laut selama 30 jam, akhirnya subuh tadi kapal kami sandar di pelabuhan Bonerate, Pasimarannu," ungkap Kompol Nur Ichsan. 


Kompol Nur Ichsan juga menambahkan, satu peleton personel masih akan melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Pasilambena.


Diketahui, ke 50 personil BKO Brimob Polda Sulsel ini dibagi menjadi 2 peleton, sebanyak 21 personil ditugaskan di Pasimarannu dan 29 personel bertugas di Pasilambena. 


"Alhamdulillah untuk satu peleton personel yang mendapat plooting di Kecamatan Pasimarannu telah tiba dan langsung membangun posko bencana di depan kantor camat setempat dan untuk 1 peleton personel lagi masih akan melanjutkan perjalanan laut selama 6 jam menuju Kecamatan Pasilambena", jelasnya.


Dalam misi kemanusiaan ini, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga membawa ribuan paket logistik dan peralatan korvey untuk membantu korban bencana gempa serta sebagai wujud dari Negara hadir di tengah masyarakat.


Adapun ribuan paket logistik bantuan untuk korban gempa di Kepulauan Selayar yang dibawa oleh pasukan Brimob Bone ini berasal dari bantuan oleh beberapa instansi diantaranya dari Polda Sulawesi Selatan, Polres Sinjai, Polres Selayar dan BAZNAS Kabupaten Bone, pungkas Kompol Nur Ichsan. (*). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Begini Perjuangan Personil Brimob Polda Sulsel Bantu Korban Gempa di Pulau Bonerate Selayar

Trending Now

Iklan