Iklan

PD. Berdikari Belum Banyak Berkontribusi Terhadap PAD dan Perekonomian Daerah

Selasa, 02 November 2021 | 19:57 WIB Last Updated 2021-11-02T11:57:27Z


MEDIA SELAYAR.
Perusahaan Daerah (PD) Berdikari belum banyak berkontribusi dan berperan dalam mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan perekonomian daerah. 


Demikian disampaikan oleh Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh Basli Ali, saat melantik dan mengambil sumpah janji Ketua dan Anggota Badan Pengawas (BP) Perusahaan Daerah (PD) Berdikari, Periode Tahun 2021 – 2026, bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati, Selasa (2/11).


Basli Ali pada arahannya mengatakan Badan Usahan Milik Daerah (BUMD) dalam menjalankan usahanya dibebankan pada tiga misi yakni sebagai pelayan publik, sumber pendapatan daerah (PAD) serta sebagai agen pendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Begitupun dengan PD. Berdikari yang merupakan salah satu BUMD Kepulauan Selayar. 


"Kontribusi PD. Berdikari dalam menghasilkan PAD masih sangat minim", kata Basli Ali. 


Bupati Kepulauan Selayar berharap dengan dilantiknya Ketua dan Anggota Pengawas yang baru kedepannya akan meningkatkan peran serta PD. Berdikari dalam mendukung penguatan perekonomian daerah. 


"Tugas ini memang tidak mudah, mengingat BUMD saat ini terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi, baik internal sekaitan dengan manajemen perusahaan, ataupun masalah external sekaitan dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi dan perubahan lingkungan akibat Pandemi Covid-19", ucap Basli Ali. 


Sementara, H. Saiful Arif yang dilantik sebagai Ketua Badan Pengawas PD. Berdikari, saat dikonfirmasi menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan dan menyatakan siap melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagaimana yang amanatkan pada dirinya. 


"Langkah yang akan kami dilakukan adalah membangun manajemen internal tujuannya agar terjadi kekompakan secara internal, selanjutnya melakukan pengawasan selain itu berusahan memberikan masukan", ucap Saiful Arif. 


Lanjut, Saiful Arif mengatakan PD. Berdikari harus membagun bisnis dan berkinerja dengan BUMDesa sehingga PD. Berdikari menjalankan fungsi untuk memberi pelayanan sekaligus menjadi sumber PAD.


"Langkah cepatnya yang harus dilakukan setelah dilantik adalah melakukan indentifikasi secara internal persoalan yang dihadapi, berikut langkah penyelesaiannya", jelas Saiful Arif. 


Saiful Arif berharap kedepan PD. Berdikari bisa mandiri dan mampu menutupi kebutuhannya sendiri.


Untuk diketahui, mereka yang dilantik masing-masing, H. Saiful Arif, S.H. sebagai Ketua merangkap Anggota, Sekretaris merangkap Anggota, Kepala Bagian Ekonomi Setda, dua Anggota lainnya adalah Lemba DM dan Jonni. 


Pelantikan tersebut yang ditandai dengan pengambilan sumpah janji dan penandatanganan berita acara pelantikan disaksikan oleh rohaniawan dan undangan yang hadir. 


Hadir dalam pelantikan ini selain Bupati Basli, Wakil Bupati, Sekda Drs. Mesdiyono, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Direktur PD. Berdikari, Direktur PD. PAM, Asnawi Dahlan serta undangan lainnya. (Kominfo-IC).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PD. Berdikari Belum Banyak Berkontribusi Terhadap PAD dan Perekonomian Daerah

Trending Now

Iklan